Hikmah
Hikmah

Kamis, 17 November 2022 10:38

Terima Bantuan  ATENSI Lansia, Nenek Marbia : Akhirnya Doaku Terkabul

Terima Bantuan ATENSI Lansia, Nenek Marbia : Akhirnya Doaku Terkabul

“Akhirnya doa kami terkabul nak”, ucap nenek Marbia, salah satu penerima bantuan ATENSI di Kabupaten Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan. Perempuan tua ini tak pernah menyangka dirinya akan dapat bantuan dari Kementerian Sosial RI

LUTRA, BUKAMATA - Berbagai asa seketika terwujud melalui bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kementerian Sosial RI yang peruntukannya bagi warga Lanjut Usia (Lansia). Ungkapan rasa terima kasih berulang-berulang terucap dibibir nenek/kakek Ketika baru saja membelanjakan bantuan ATENSI yang ia terima melalui PT. Pos Indonesia. 

“Akhirnya doa kami terkabul nak”, ucap nenek Marbia, salah satu penerima bantuan ATENSI di Kabupaten Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan. Perempuan tua ini tak pernah menyangka dirinya akan dapat bantuan dari Kementerian Sosial RI. 

“setiap hari melalui sujudku kami hanya bisa bordoa untuk diberikan rejeki, dan Alhamdulillah mungkin inilah jawaban atas doa-doa kami nak”, kata nenek Marbia dengan mata berkaca-kaca seusai melakukan pembelanjaan kebutuhan bahan pokok, nutrisi, obat-obatan dan kebutuhan sandang yang ia butuhkan sesuai dengan hasil asessmen dan besaran nilai bantuan yang ia terima.

Sepeninggal suaminya 2 (dua) tahun lalu, nenek Marbia kini tinggal menumpang dirumah anaknya seorang diri, Sebab anak, sang pemilik rumah kini berada di daerah rantauan. 

Untuk memenuhi hidup kesehariannya, nenek Marbia menggantungkan hidupnya pada salah satu anak-menantunya yang kebetulan tinggal tidak jauh dari rumah yang ditempati nenek Marbia. 

Sebab untuk bekerja sebagai buruh tani dengan usia yang sudah renta dirinya tidak sanggup lagi. Olehnya itu, ia hanya berharap uluran tangan anak-mantunya yang juga berprofesi sebagai petani.

Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wirajaya di Makassar menyalurkan bantuan ATENSI lansia Sebanyak 177 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Luwu Utara.

Untuk keseluruhan penerima bantuan ATENSI Lansia di Kabupaten Luwu Utara, secara tekmis pencairannya disalurkan melalui kerjasama dengan PT. Pos yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Luwu Utra, dan diterima oleh PPKS Lansia, dan selanjutnya di belanjakan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan hasil assesmen yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh tim assesmen dari Sentra Wirajaya, bekerjasama dengan Dinas Sosial Luwu Utara, serta para Pendamping Relawan Sosial (PRS) Kabupaten Luwu Utara.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Hasmiani yang ikut melakukan pendampingan pencairan dan pembenjaan kebutuhan Lansia mengungkapkan apresiasi dan berterima kasih atas bantuan dari Kemensos untuk warga (Lansia) Luwu Utara.

 “Mudah-mudahan bantuan ATENSI bagi Lansia ini dapat memenuhi kebutuhan pokok, nutrisi, sandang dan kebutuhan obat-obatan yang memang dibutuhkan oleh Lansia”, Harapnya singkat.

#Program atensi #Luwu Utara #kemensos