Wiwi
Wiwi

Sabtu, 01 Oktober 2022 06:28

Tips Liburan Saat Musim Hujan, Salah Satunya Jangan Nekat ke Tempat yang Berpotensi Banjir

Tips Liburan Saat Musim Hujan, Salah Satunya Jangan Nekat ke Tempat yang Berpotensi Banjir

Buat traveler yang gemar menikmati luar ruangan, mengecek musim menjadi salah satu perhitungan sebelum jalan-jalan.

BUKAMATA – Hujan mulai rutin turun belakangan ini. Berikut tips agar liburan saat musim hujan tetap asyik.

Buat traveler yang gemar menikmati luar ruangan, mengecek musim menjadi salah satu perhitungan sebelum jalan-jalan. Saat rentetan bulan berakhiran ber datang, artinya mulai musim hujan yang perlu persiapan khusus.

Apa saja?

Berikut tujuh poin yang perlu diperhatikan agar liburan di musim hujan tetap nyaman.

1. Riset kecil-kecilan soal destinasi

Traveler perlu melakukan riset tentang rute yang bakal dilalui. Akankah dipengaruhi hujan atau tidak, bisa licin, potensi banjir, akses dan transportasi menuju lokasi.

Selain itu, traveler juga perlu mencari tahu suhu terendah destinasi tujuan saat liburan di musim hujan. Sebabnya, itu mempengaruhi pakaian dan alas kaki yang dibawa.

Cari tahu pula kondisi alam terburuk saat musim hujan, terutama buat traveler yang memilih untuk menginap di tenda. Misalnya mendaki gunung atau memanjat tebing.

Cek pula, jadwal buka tutup destinasi wisata.

2. Membawa payung atau jas hujan

Pada saat musim hujan tiba, traveler memerlukan perlengkapan yang ekstra juga ketika hendak liburan. Apalagi, buat yang traveling di outdoor. Payung, jas hujan, dan topi menjadi barang wajib buat dibawa.

3. Membawa pakaian hangat

Cek suhu udara terendah destinasi tujuan sebelum berangkat agar enggak salah kostum. Pakaian berteknologi memerangkap suhu badan, jaket, kaus tangan, dan kupluk disarankan untuk dibawa.

Jika bepergian ke dataran tinggi dan tidak ada penghangat ruangan, sleeping bag disarankan untuk dibawa.

4. Membawa obat-obatan

Ketika musim hujan tiba, badan jauh lebih rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk, kedinginan. Sebagai antisipasi, traveler disarankan membawa obat-obatan ringan selain obat yang memang biasa dikonsumsi, seperti obat flu, obat batuk, dan minyak kayu putih.

5. Mengonsumsi makanan dan minuman hangat

Saat liburan musim hujan, traveler sering-seringlah makan makanan hangat dan minum minuman hangat. Soto, bubur, mi bakso, maupun sup bisa menjadi pilihan.

Tambah asyik lagi, jika traveler bisa menyeruput minuman pelengkap sajian hangat, seperti sekoteng, kacang rebus, kembang tahu, dan lain sebagainya. Makanan dan minuman tersebut niscaya akan membuat tubuh traveler menjadi hangat dan akan terhindar dari kedinginan.

#Traveling #tips traveling #jalan-jalan