Hikmah
Hikmah

Rabu, 07 September 2022 12:38

Flemming M. Mortensen
Flemming M. Mortensen

Pemerintah Denmark Singgung Soal Transisi Bahan Bakar di Indonesia, Montersen : Harus Ambisius dan Transparan

"...Kuncinya adalah untuk menarik investasi yang diperlukan, untuk memiliki kerangka kebijakan yang ambisius, dapat diperhitungkan, dan transparan," katanya.

BUKAMATA - Isu Bahan Bakar Minyak  (BBM) menjadi salah topik bahasan dalam forum G20 mengenai pembangunan, Development Ministerial Meeting G20, yang berlangsung di Belitung (7—8/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, delegasi pemerintah Denmark menyinggung kebijakan subsidi BBM Indonesia. 

Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Kerja Sama Nordik (Minister for Development Cooperation and Nordic Cooperation) Denmark Flemming M. Mortensen mengatakan , Reformasi subsidi BBM dinilai sebagai komponen penting dalam transisi menuju ekonomi hijau dan biru di Indonesia. 

Dia menilai Indonesia memiliki modal cukup kuat untuk melakukan transisi energi hijau, karena banyaknya sumber daya alam (SDA) yang tersedia.

Montersen bilang, pada tahap awal transisi menuju energi hijau, Indonesia harus mampu menyeimbangkan pasokan (supply) dari energi fosil dan energi hijau. Kebijakan subsidi BBM menjadi salah satu penentu keseimbangan tersebut. 

"Level playing field antara pasokan energi hijau dan energi fosil akan membutuhkan reformasi dalam subsidi minyak fosil yang mahal," ujar Mortensen dalam Seminar of the Development of Indonesia's Blue Economy Roadmap pada Rabu (7/9/2022) di Tanjung Pandan, Belitung dikutip dari bisniscom.

Menurutnya, Indonesia pun harus mampu menyusun kerangka kebijakan transisi energi hijau yang ambisius, dapat diperhitungkan, dan transparan.

Kerangka kebijakan itu dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan transisi dan upaya menarik investor. Mortensen menilai bahwa investasi menjadi aspek penting dalam transisi energi hijau, karena besarnya kebutuhan biaya. Oleh karena itu, kerangka kebijakan yang solid dapat menarik investor untuk menjalankan transisi energi.  

 "Ketika kami melihat Indonesia, kami melihat melimpahnya SDA untuk transisi energi, Indonesia bisa menjadi pemimpin utama di Asia Tenggara. Kuncinya adalah untuk menarik investasi yang diperlukan, untuk memiliki kerangka kebijakan yang ambisius, dapat diperhitungkan, dan transparan," katanya. 

 

 

#Flemming M. Mortensen #Denmark #g20

Berita Populer