Wiwi
Wiwi

Rabu, 10 Agustus 2022 07:39

Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis, Salah Satunya Jadilah Diri Sendiri

Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis, Salah Satunya Jadilah Diri Sendiri

Salah satu gaya hidup yang cukup menarik untuk diterapkan adalah gaya hidup minimalis. Dengan memiliki sedikit barang, banyak yang mengaku bahwa hidupnya perlahan bisa lebih tenang dan tidak mudah stres.

BUKAMATA – Banyaknya tekanan hidup akhir-akhir ini sedikit banyak pasti berpengaruh terhadap gaya hidup. Bahkan, banyak orang yang melampiaskan rasa stres dengan membeli banyak barang, hingga tanpa sadar bertumpuk dan menjadi barang tidak berguna.

Salah satu gaya hidup yang cukup menarik untuk diterapkan adalah gaya hidup minimalis. Dengan memiliki sedikit barang, banyak yang mengaku bahwa hidupnya perlahan bisa lebih tenang dan tidak mudah stres. 

Kita mungkin memiliki keinginan untuk mulai menerapkan gaya hidup minimalis. Namun, sama seperti hal lainnya, kita selalu bingung harus mulai dari mana.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin memulai gaya hidup minimalis. Yuk, disimak!

1. Tentukan tujuan

Hal paling pertama dan utama ketika kita ingin melakukan sesuatu adalah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Jika kita ingin menerapkan gaya hidup minimalis, kita harus punya tujuan yang jelas mengenai apa yang ingin kita raih melalui gaya hidup tersebut.

Bisa dibilang gaya hidup minimalis bukanlah tujuan itu sendiri, melainkan jalan atau pathway yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan tertentu. 

2. Menjadi diri sendiri

Ketika berniat menjalani gaya hidup orang lain, kamu harus bisa mengenal dirimu sendiri terlebih dahulu. Apakah kamu memang ingin melakukannya karena dirimu sendiri, atau justru karena ingin ikut-ikutan orang lain agar dinilai keren?

Makna minimalis sendiri bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Semua tergantung situasi, kondisi, dan lingkungan masing-masing. 

3. Terapkan decluttering

Tips lainnya ketika ingin memulai hidup minimalis adalah kamu harus bisa menerapkan decluttering atau kegiatan memilah dan memilih sesuatu yang berguna dengan yang tidak. 

Hal ini tidak hanya berlaku untuk barang, tetapi juga informasi, kegiatan, pikiran, pertemanan, dan lain sebagainya. 

4. Belajar sadar dan menahan diri

Gaya hidup minimalis sejatinya mengajarkan untuk mampu sadar membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kamu juga harus bisa memutuskan sesuatu dengan penuh kesadaran serta mampu menahan diri. 

Ada perbedaan mendasar antara keinginan dan kebutuhan. Kesadaran dan kemampuan menahan diri sangat diperlukan untuk bisa menerapkan gaya hidup minimalis dengan optimal. 

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup minimalis. Dimulai dari tujuan yang jelas hingga praktik langsung, kamu bisa menentukan dan memutuskan sendiri apa yang kamu perlukan. 

#hidup minimalis #gaya hidup #tips sehat #kehidupan