Wiwi
Wiwi

Senin, 11 Juli 2022 06:49

5 Tips Diet Sehat, Murah, dan Terjangkau

5 Tips Diet Sehat, Murah, dan Terjangkau

Pola makan sehat kini banyak digemari seiring dengan meningkatnya kesadaran banyak orang untuk hidup sehat serta didukung oleh tren diet sehat yang gencar dipromosikan. Tetapi diet sehat di Indonesia sendiri masih identik dengan makanan mahal.

BUKAMATA – Banyak orang masih ragu menerapkan pola makan sehat karena dianggap lebih mahal. Ternyata untuk menyiasatinya kamu bisa melakukan lima tips mudah ini.

Pola makan sehat kini banyak digemari seiring dengan meningkatnya kesadaran banyak orang untuk hidup sehat serta didukung oleh tren diet sehat yang gencar dipromosikan. Tetapi diet sehat di Indonesia sendiri masih identik dengan makanan mahal.

Makanan organik, makanan rendah kalori yang diimpor, atau bahan makanan sehat yang sulit dicari menjadi kendala terbesar. Ternyata untuk menerapkan diet sehat tidak harus menggunakan bahan-bahan yang sulit didapat dan mahal harganya.

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa diet sehat juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan hemat. Tak perlu membuat pengeluaran membengkak, ada tips mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini 5 tips mudah menerapkan diet sehat dan tetap hemat dilansir Bukamata dari Dailycal (11/7/2022).

Nutrisi yang tak jauh berbeda dan daya simpannya yang lebih lama membuat makanan beku bisa menjadi alternatif makanan sehat yang lebih murah.

1. Mengandalkan makanan beku

Kualitas makanan segar yang dinilai tertinggi membuatnya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tetapi tidak sedikit juga produk makanan beku yang masih terjaga kandungan gizinya.

Seringkali makanan segar juga akan lebih mudah rusak terlebih ketika penanganannya kurang baik. Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli makanan beku.

Misalnya sayuran hijau, kacang polong, kacang-kacangan hingga umbi-umbian. Banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa makanan-makanan beku seperti ini nutrisinya tidak jauh berbeda dengan makanan segar seperti biasa.

2. Memaksimalkan beras dan kacang-kacangan

Beras dan kacang-kacangan termasuk bahan makanan yang bisa dibeli dengan harga murah dan kuantitasnya banyak.

Perpaduan nasi yang terbuat dari beras dengan kacang-kacangan juga disebut sudah cukup sehat untuk membantu memenuhi nutrisi tubuh.

Di Indonesia sendiri kedua bahan ini bisa ditemukan dengan mudah dan akan selalu tersedia di pasaran. Perpaduan protein nabati dan serat dengan karbohidrat dari nasi dinilai menjadi hidangan yang paling murah untuk memulai hidup sehat.

Perpaduan nasi dan kacang-kacangan tidak kalah enak dengan nasi yang dilengkapi dengan lauk pauk lainnya. Bahkan jika menyantap nasi dan kacang-kacangan kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit.

3.Merencanakan menu makan

Membuat rencana makan selain membantu untuk memudahkan menyiapkan menu untuk keesokan hari juga dapat membantu menghindari belanja berlebihan. Merencanakan menu bisa disesuaikan dengan kemauan.

Mulai dari jangka waktu per minggu, per dua minggu hingga per bulan. Merencanakan menu makan secara tidak langsung juga dapat melatih tubuh untuk melakukan berbagai hal dengan disiplin.

Merencanakan menu makan juga membuat tidak terlalu banyak makanan yang tersisa. Secara perlahan kebiasaan menerapkan menu ini juga dapat membantu mengurangi limbah makanan rumah tangga.

4.Belanja makanan dengan bijak

Cermat saat berbelanja menjadi cara yang paling utama jika ingin menekan biaya membeli bahan makanan yang sehat.

Berbelanja bahan makanan dengan bijak bukan hanya memilih bahan-bahan sesuai kebutuhan tetapi ada juga keputusan untuk memilih tempat belanja. Beberapa toko atau supermarket tidak sedikit yang menawarkan harga yang lebih murah.

Selain itu jika menemukan bahan yang sama dengan harga yang berbeda upayakan untuk memilih yang harganya lebih murah atau yang dibanderol dengan potongan harga. Biasanya bahan-bahan makanan ini memiliki perbedaan yang tidak jauh.

Misalnya seperti bentuk pengemasannya atau wilayah asal makanan tersebut dipanen. Tetapi pertimbangan seperti ini bukanlah hal yang menentukan kualitas sebuah makanan dan tidak harus menjadi permasalahan yang besar.

5. Melakukan perubahan secara perlahan

Beberapa orang menganggap bahwa makan sehat adalah mengonsumsi makanan berbasis nabati atau yang akrab disebut plant-based. Nyatanya menerapkan hidup sehat bukan hanya melalui makanan nabati saja tetapi harus memperhatikan keseimbangan nutrisinya.

Salah satu yang kini banyak dijajakan adalah nugget vegan yang seringkali dianggap sebagai menu makanan sehat. Harganya yang mahal tentu membuat nugget vegan ini sebenarnya bukan menjadi solusi yang tepat.

Memperhatikan keseimbangan antara karbohidrat, protein, serat dan pemenuhan vitamin serta mineral harus menjadi yang paling diutamakan. Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan plant-based yang mahal disarankan untuk secara perlahan mengganti atau menambahkan komposisi pelengkap makanan yang lebih sehat.

 

 

#tips sehat #tips sehat murah #diet sehat #makanan organik

Berita Populer