Hikmah
Hikmah

Sabtu, 21 Mei 2022 14:29

Festival Bumi Lamaranginang, Moment Kebangkitan Pariwisata Lutra

Festival Bumi Lamaranginang, Moment Kebangkitan Pariwisata Lutra

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi tari kreasi, senam kreasi, expo UMKM, festival kuliner gami-gami khas tana luwu serta fun bike lamaranginang

LUTRA, BUKAMATA - Event Pesona Luwu Utara 2022 Bertajuk Festival Bumi Lamaranginang , resmi dibuka, Jumat, (20/05/2022) dan akan berlangsung hingga minggu (22/5/2022). 

Kegiatan ini mengambil venue di Cagar Budaya Onderafdelling Masamba. Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi tari kreasi, senam kreasi, expo UMKM, festival kuliner gami-gami khas tana luwu serta fun bike lamaranginang 

Hadir dalam pembukaan tersebut, Forkopimda Kab. Luwu Utara, Sekretaris Daerah Kab. Luwu Utara, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Drs. Muhammad Arifin serta para perangkat daerah kabupaten luwu utara.

Kadisporapar Luwu Utara Jumail Mappile sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, pariwisata sebagai salah satu sumber bagi penerimaan devisa serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu pariwisata harus bangkit, melalui berbagai kegiatan kepariwisataan salah satunya event pesona luwu utara yang telah dilaksanakan sejak 2021.

"Kita harapkan event ini dapat menggairahkan pariwisata, menghidupkan perputaran ekonomi dan membangkitkan nilai-nilai seni dan budaya daerah. Dapat membuka peluang bisnis baru berkelanjutan bagi sektor industri pariwisata," katanya. 

Dia melanjutkan, kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan pesona luwu utara, baik pesona alamnya maupun pesona budaya yang berdampak pada peningkatan perputaran ekonomi masyarakat. 

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengaku bahwa kegiatan ini mendapatkan berkah yang besar Berbeda dengan wonderful rongkong tahun lalu yang dibayang-bayangi Covid 19. Tahun ini akan lebih terasa euforia presiden telah menyampaikan pesan penting bahwa secara perlahan aktivitas outdoor dapat dilaksanakan tanpa menggunakan masker. 

"Alhamdulillah dengan dukungan semua pihak akhirnya pesona luwu utara bertajuk festival bumi lamaranginang dapat kita laksanakan," Katanya. 

Selain itu Bupati Indah berharap bertepatan dengan hari kebangkitan nasional,bisa menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata khususnya dikabupaten luwu utara. 

#Festival Bumi Lamaranginang #Kabupaten Luwu Utara #Bupati Indah Putri Indriani