Muh. Taufik
Muh. Taufik

Jumat, 20 Mei 2022 09:55

Di Makassar, Gebyar Senam Indonesia Cinta Tanah Air Diikuti 6600 Kader dan Simpatisan PDIP Sulsel

Di Makassar, Gebyar Senam Indonesia Cinta Tanah Air Diikuti 6600 Kader dan Simpatisan PDIP Sulsel

Gelaran Sicita digelar untuk menyambut hari kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2022.

MAKASSAR, BUKAMATA - Lebih dari 6600 kader Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan (Sulsel) terlibat dalam gelaran Gebyar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Anjungan Bugis Makassar Pantai Losari Makassar, Jumat (20/5/2022).

Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni mengatakan gelaran Sicita digelar untuk menyambut hari kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2022. Kegiatan Sicita diikuti setidaknya 6600 kader, simpatisan, dan legislatif, serta diikuti Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman Hakim.

"6600 orang di Sulsel mengikuti senam untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Peserta mulai DPD hingga PAC, anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota serta masyarakat untuk mencatatkan Museum Rekor Indonesia (MuRI)," ujarnya.

RPG akronim namanya mengatakan kegiatan sicita juga merupakan rangkaian HUT ke-49 PDIP. Ia mengaku partai bukan hanya bicara soal politik, tetapi juga bagaimana memperhatikan alam seperti tanam pohon dan juga senam.

"Dengan senam agar tubuh menjadi sehat. Apalagi pandemi, butuh tubuh sehat," kata dia.

Sementara Ketua Panitia HUT PDIP, Risfayanti Muin mengatakan Sicita digelar sebagai pemecahan rekor MURI. Sicita digelar serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi serta disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya.

"Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDIP berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri," kata dia.

Selain upaya pemecahan MURI ini, juga digelar Gebyar Sicita. Kompetisi Sicita sendiri terdapat tiga kategori yakni kategori kader, umum dan pelajar/mahasiswa. Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam Sicita dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal.

"Rencananya para juara kompetisi Gebyar Sicita 2022 ini akan diumumkan saat Rakernas PDIP pada Juni 2022," sebutnya.

Dalam kegiatan Sicita selain dihadiri Bupati Lutim, Budiman Hakim juga dihadiri anggota DPR RI Sarce Bandaso dan Syamsu Niang, seluruh anggota fraksi PDIP Sulsel.

#Rudy Pieter Goni #DPD PDI Perjuangan #hari kebangkitan Nasional