Samsul Bahri
Samsul Bahri

Rabu, 18 Mei 2022 16:30

Ilustrasi (Net).
Ilustrasi (Net).

Data Terbaru: Kemenkes RI Catat Enam Orang Meninggal Diduga Hepatitis Akut

Sebelumnya, Kemenkes mengonfirmasi sejumlah kasus hepatitis misterius di beberapa daerah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bangka Belitung, dan Kalimantan Timur.

BUKAMATA - Data terbaru Kementerian Kesehatan Republik Indobesia mencatat sudah ada enam orang meninggal diduga terjangkit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya alias hepatitis misterius.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menjelaskan, jumlah itu telah diperbarui pada Selasa (17/5/2022) kemarin.

Sebelumnya, ada tujuh orang meninggal yang diduga menderita hepatitis akut. Namun, satu orang dinyatakan discarded atau dikeluarkan. Syahril menyebut satu kasus itu berasal dari Jawa Timur.

"Jadi total kematian karena dugaan hepatitis akut itu enam," kata Syahril dalam keterangan pers di Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022).

Syahril bilang, semua kasus kematian itu disebabkan karena pasien terlambat datang ke rumah sakit rujukan. "Jadi kalau dilihat laporannya karena terlambat ke rumah sakit rujukan. Pertama dari keluarga," terang Syahril.

Syahril menambahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sementara ini telah mengategorikan empat definisi atau status dalam hepatitis akut misterius per 23 April 2022.

#Hepatitis Akut #korban meninggal #Kemenkes