Redaksi
Redaksi

Selasa, 12 April 2022 04:53

Dikira Kentang, Karyawan Pabrik Temukan Granat dari Perang Dunia II

Dikira Kentang, Karyawan Pabrik Temukan Granat dari Perang Dunia II

Karyawan bernama Richard Teurukura itu awalnya sedang memantau ban berjalan di area penerimaan kentang pabrik.

BUKAMATA - Para pekerja pabrik kentang goreng di Selandia Baru menemukan sebuah benda yang awalnya dikira sebuah kentang berlumpur. Nyatanya, benda itu adalah granat pelatihan inert yang berasal dari Perang Dunia II.

Karyawan shift malam di pabrik Mr Chips di East Tamaki, pinggiran kota Auckland mengatakan, 28 ton kentang russet dikirim ke fasilitas tersebut dari sebuah peternakan di Matamata, dikutip dari UPI, Selasa (12/4/2022).

Karyawan bernama Richard Teurukura itu awalnya sedang memantau ban berjalan di area penerimaan kentang pabrik. Dia kemudian melihat sebuah benda mirip kentang berlumpur dengan bentuk aneh.

Teurukura membersihkan beberapa lumpur dari benda itu dan menunjukkannya kepada rekan kerjanya. Temannya mengatakan itu tampak seperti granat.

“Awalnya sangat mirip kentang berlumpur,” ujar Roland Spitaels, manajer operasi pabrik.

Polisi kemudian dipanggil ke pabrik dan mereka memanggil tim penjinak senjata peledak Angkatan Pertahanan Selandia Baru.

Tim penjinak bom menentukan bahwa objek tersebut adalah bom Mills, sebuah granat tangan yang umum digunakan pada era Perang Dunia II. Granat itu dirontgen dan ditemukan sebagai granat non-eksplosif, kemungkinan digunakan untuk tujuan pelatihan.

Spitaels mengatakan insiden itu adalah yang pertama dalam sejarah pabrik selama 30 tahun. Dia mengatakan dia berharap polisi akan mengembalikan granat ke perusahaan sehingga dapat dipajang di "ruang piala" pabrik.

#Kentang

Berita Populer