Wiwi
Wiwi

Selasa, 29 Maret 2022 07:07

Kamu Lagi Proses Pengembangan Diri?, Mulai Sekarang Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Kamu Lagi Proses Pengembangan Diri?, Mulai Sekarang Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Kemampuan dalam dirimu menjadi sulit untuk berkembang. Dari tahun ke tahun, hanya itu-itu saja kemampuan yang kamu miliki. Cobalah mulai mengubah kebiasaanmu dalam keseharian. Bisa jadi kebiasaan tersebut, proses pengembangan diri itu bisa dilakukan.

BUKAMATA — Apakah kamu selalu merasa terhalangi oleh sesuatu ketika sedang ingin mengembangkan diri? Ada saja hal-hal yang menjadi penghalang dan membuat proses pengembangan diri yang kamu lakukan menjadi terhambat, bahkan bisa jadi tak mengalami perkembangan sama sekali.

Kemampuan dalam dirimu menjadi sulit untuk berkembang. Dari tahun ke tahun, hanya itu-itu saja kemampuan yang kamu miliki. Cobalah mulai mengubah kebiasaanmu dalam keseharian. Bisa jadi kebiasaan tersebut, proses pengembangan diri itu bisa dilakukan.

Tinggalkan saja kebiasaanmu yang buruk dan yang kurang penting. Bagi kamu yang ingin tahu kebiasaan apa saja yang harus kamu tinggalkan, baca artikel ini sampai selesai, ya.

1. Kebiasaan berpikiran negatif akan suatu hal 

Berpikiran negatif akan suatu hal, memang cukup sulit untuk dihilangkan, apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan. Namun, berusahalah untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini, ya. Pikiran negatif sangat bisa menghalangi dirimu untuk berkembang. Hal negatif yang kamu pikiran akan membuatmu kesulitan berpikir dengan jernih.

Berusahalah untuk menjadi pribadi yang selalu mampu berpikir positif dari hari ke hari. Jangan sampai kamu terbiasa berpikiran negatif dengan berbagai hal.

Pikiran yang negatif akan menjadikanmu ragu dalam mengambil keputusan, melakukan sesuatu, bahkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan dirimu.

2. Memiliki pola pikir tertutup 

Pola pikir tertutup juga menjadi salah satu kebiasaan yang mampu menghalangimu untuk berkembang. Orang yang pola pikirnya tertutup merupakan orang yang sulit untuk diajak berdiskusi, karena dia kurang menyukai jika ada orang lain yang memberinya saran dan kritik.

Meskipun saran dan kritiknya membangun dan positif untuknya, tetap saja orang yang pola pikirnya tertutup cenderung gak mau menerimanya.

Jika kamu ingin menjadi orang yang terus berkembang setiap harinya, belajarlah untuk membiasakan diri memiliki pola pikir terbuka. Jadilah orang yang bersedia menerima saran dan kritik dari orang lain dengan bijak dan dewasa. Dalam arti, kamu harus mampu membedakan mana saran dan kritik yang membangun dan yang menjatuhkan.

3. Kebiasaan pesimis dalam menghadapi permasalahan 

Permasalahan dalam hidup pasti akan dialami oleh siapa saja. Ada orang yang memiliki sikap optimis dalam menyikapinya. Ada juga yang sebaliknya, selalu pesimis dan ragu setiap kali menghadapi permasalahan.

Apabila kamu ingin berkembang, jadilah orang yang selalu optimis. Beranilah untuk menghadapi segala permasalahan yang kamu alami. Jika kamu pesimis, maka hal tersebut bisa menghalangimu untuk bergerak mengembangkan diri.

Orang yang memiliki kebiasaan pesimis, biasanya dia akan merasa takut dan ragu jika dirinya dituntut untuk melakukan hal-hal baru.

4. Kebiasaan menunda dan malas bergerak 

Faktor penghalang diri berikutnya adalah kebiasaan menunda dan malas bergerak. Sesekali merasa malas untuk melakukan sesuatu itu memang hal yang wajar dan normal dialami oleh siapa saja.

Namun, jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan. Orang yang malas bergerak akan memiliki kecenderungan menunda-nunda sesuatu.

Kebiasaan malas yang membuatmu menjadi menunda sesuatu, jelas akan menghalangi proses pengembangan diri. Jika kebiasaan ini dibiarkan, maka kamu akan menjadi orang yang tidak produktif, entah dalam pekerjaan maupun hal lainnya. Kamu menjadi kurang bersemangat, kurang termotivasi, bahkan menjadikanmu orang yang kurang bertanggung jawab.

Maka dari itu, berusahalah untuk melawan rasa malas dan keinginan menunda-nunda melakukan sesuatu, ya. Jika bisa kamu melakukan sekarang, maka segeralah bergerak.

5. Sering merasa iri melihat keberhasilan orang lain 

Kebiasaan yang menghalangi diri berkembang berikutnya adalah perasaan mudah iri saat melihat keberhasilan yang diraih orang lain.

Rasa iri yang sering muncul ketika orang lain mendapatkan prestasi, sangat mampu menghalangimu berkembang di saat ini dan kehidupan yang akan datang.

Hilangkanlah perasaanmu yang mudah iri kepada orang lain. Atasilah dengan selalu memiliki rasa syukur terhadap segala hal yang sudah kamu punya saat ini. Kemudian, fokuskan diri untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang dari dirimu. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasimu untuk bisa lebih maju dan berkembang lagi.

Pengembangan diri adalah proses yang harus kamu lakukan. Semua jenis kesuksesan pasti membutuhkan waktu, proses dan usaha untuk bisa mendapatkannya. Hindari menuntut diri untuk selalu sempurna, agar kamu bisa menikmati setiap hal yang dilakukan.

Ubah dan tinggalkan kelima kebiasaan buruk di atas, jika kamu ingin proses pengembangan dirimu gak terhalangi.

#sukses #Tips #gaya hidup