
Brand Indonesia Tampil di PFW 2022 Dituding Hanya Settingan, Sandiaga Uno Angkat Bicara
Ajang bergengsi Paris Fashion Week (PFW) 2022 kini menjadi polemik dan sedang ramai dibahas oleh publik dari berbagai kalangan di Indonesia.
BUKAMATA — Ajang bergengsi Paris Fashion Week (PFW) 2022 kini menjadi polemik dan sedang ramai dibahas oleh publik dari berbagai kalangan di Indonesia.

Hal tersebut lantaran postingan seorang pemerhati fesyen pada Instagram pribadinya, yang berisikan penyampaian rasa kesalnya kepada rombongan artis Tanah Air dan sepuluh brand lokal yang mengklaim tampil di Paris Fashion Week 2022.
Menanggapi hal itu, Sandiaga Salahudin Uno yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia angkat bicara.
Dilansir Bukamata dari video Weekly Press Briefing yang diunggah pada kanal YouTube resmi milik Kementrian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf) pada 7 Maret 2022, salah satu wartawan yang bertanya terkait banyaknya kritik yang dilontarkan kepada rombongan artis dan sepuluh brand lokal tersebut.
Mantan Wakil Gubernur Jakarta itu mengatakan bahwa Kemenparekraf mendukung serta memfasilitasi produk-produk ekonomi kreatif yang ingin mendunia dan go global.
Sandiaga Uno juga menyebutkan bahwa membuka peluang bagi produk-produk ekonomi kreatif merupakan tugas dan fungsi dari kemenparekraf.
“Ternyata produk-produk Indonesia ini sangat diminati di Eropa dan terutama di Paris Fashion Week, kita melihat banyak produk-produk ekonomi kreatif kita yang membuka lebih dari dua puluh juta lapangan kerja ini hadir,” kata Sandiaga Uno, dikutip pada Selasa (8/3/2022).
Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari tatanan persiapan ekonomi baru pasca pandemi.
“Jadi pada intinya, semua produk Indonesia harus tentunya harus kita dukung agar ini membangkitkan semangat kita untuk segera pulih dan membuka peluang kita untuk menjadi pemain global,” ujar Sandiaga Uno.
Lebih lanjut, sebelumnya Kemenparekraf juga sudah menerbitkan siaran pers di laman resminya pada tanggal 18 Februari 2022 lalu.
Isi dari siaran pers tersebut menjelaskan bahwa Kemenparekraf mendukung sepuluh brand Indonesia tampil di Paris Fashion Week 2022 yang dinisiasi dengan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS).
Dalam siaran pers yang diterbitkan Kemenparekraf juga dengan jelas disebutkan, bahwa sepuluh brand Indonesia yang didukung oleh Kemenparekraf hanya akan tampil pada Paris Fashion Show.
Dalam siaran pers situ juga dijelaskan bahwa GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week 2022 merupakan off schedule dari Paris Fashion Week.
Sandiga Uno menuturkan dalam siaran pers tersebut bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja juga mendorong pengembangan produk ekonomi kreatif Tanah Air tidak hanya terbatas Pasar Lokal saja, melainkan juga menyebar luas ke Pasar Internasional.
Pasalnya, kegiatan dari GEKRAFS tidak hanya fashion show, melainkan juga mendirikan Temporary Store di kawasan 51 rue Turenne Paris yang bertujuan untuk membuka gerbang retail ataupun BtoB untuk brand yang terlibat.
News Feed
Kominfo Makassar Tingkatkan Kapasitas OPD Lewat Bimtek Arsitektur SPBE
23 Oktober 2025 19:40
Kurang dari 24 Jam, Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor di Bontocani Bone
23 Oktober 2025 17:54
13.224 PPPK Kemenag Dilantik, Termuda Usia 20 Tahunan
23 Oktober 2025 17:47