Rahma Amin
Rahma Amin

Senin, 07 Maret 2022 16:25

Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Kemenkes Update Kasus Aktif Covid Menurun, Kesembuhan Meningkat

Kasus aktif merupakan jumlah warga terpapar Covid-19 yang tengah menjalani perawatan

JAKARTA, BUKAMATA- Update terbaru data kasus Virus Corona (Covid-19) di Indonesia mulai menunjukkan tren perbaikan pada pekan pertama Maret. Ini berdasarkan data yang diklaim Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Minggu pertama di bulan Maret ini, ketahanan kesehatan nasional di tengah pandemi secara konsisten menunjukkan tren perbaikan. Ini didorong oleh kasus aktif yang mulai turun sejak awal Maret dan angka kesembuhan yang terus naik setiap harinya," kata  Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Siti Nadia Tarmizi dikutip di

Menurutnya data jumlah kasus aktif Covid-19 terlihat melandai. Kasus aktif merupakan jumlah warga terpapar Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Ia merinci mulai dari Selasa (1/3) hingga Minggu (6/3), kasus aktif Covid-19 di Indonesia konsisten menunjukkan tren penurunan dan kini angkanya sudah di bawah 500 ribu kasus per hari.

Senada, jumlah pasien yang sembuh dari infeksi Covid-19 mencapai 49.080 orang, naik dibandingkan Sabtu (5/3) yang berada di posisi 46.669. Kasus konfirmasi pada Minggu kemarin juga turun ke 24.867, lebih rendah dari sehari sebelumnya, Sabtu (5/3) yang sempat menyentuh 30.156 kasus dalam sehari.

Nadia menambahkan angka perawatan pasien juga masih mengalam tren penurunan. Keterisian tempat tidur isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) untuk perawatan pasien Covid-19 saat ini mencapai 29 persen dari total kapasitas nasional, menurun bila dibandingkan keterisian 31 persen sehari sebelumnya."Mudah-mudahan tren ini dapat terus kita jaga sehingga kita dapat melewati pandemi ini bersama-sama," kata dia.

#Kasus covid 19 #Kemenkes