Wiwi
Wiwi

Sabtu, 22 Januari 2022 09:10

Berikut Tips Sebelum Melakukan Solo Traveling Agar Tetap Nyaman dan Aman

Berikut Tips Sebelum Melakukan Solo Traveling Agar Tetap Nyaman dan Aman

Di era yang semakin canggih ini membuat sebagian orang memilih solo traveling. Selain bisa merefresh diri, juga bisa menjadi hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang tepat.

BUKAMATA  Di era yang semakin canggih ini membuat sebagian orang memilih solo traveling. Selain bisa merefresh diri, juga bisa menjadi hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Beberapa orang yang melakukan solo traveling beralasan karena bepergian sendiri itu jauh lebih nyaman, tidak bergantung dengan orang lain, bebas menentukan destinasi tujuan, dan tentunya gak ribet harus saling tunggu.

Tapi ini sih biasanya berlaku untuk para single yaa. Kalau sudah berkeluarga atau punya anak sih, jangan harap bisa santai bepergian wisata sendirian. Yang ada sepanjang perjalanan stress mikirin anak di rumah sudah makan atau belum.

Meski lebih enjoy dan nyaman, ada beberapa orang yang justru enggan melakukan solo traveling karena ada beberapa kekhawatiran terutama masalah keamanan.

Anyway, buat kalian para single yang ternyata belum pernah sama sekali ngerasain solo traveling dan ingin mencoba. Perhatikan beberapa tips ini dulu deh supaya kalian tetap happy jalan-jalan sendirian di tempat orang.

Sebelum memutuskan untuk bepergian, pastikan kalian mengenal kota atau negara tujuan. Kalian bisa survey via online. Cari sumber dari blog traveler lain, website, atau Youtube mengenai lokasi tujuan.

Perhatikan masalah keamanan, area wisata, tempat makan hingga tempat untuk menginap. Catat satu persatu dengan detail, sampai kalian hafal ada apa aja di kota atau negara tujuan.

Kenali Budaya Setempat

Pastikan kalian sudah tahu bahasa dan budaya umum di kota atau negara tujuan. Untuk bekal saat kalian tiba di sana, jadi gak bingung dan bisa menyesuaikan diri.Sebelum pergi, kita bisa kok check dulu via online untuk melihat review para traveler yang pernah mengunjungi kota atau negara tujuan. Jangan sampai kalian melanggar atau apatis dengan budaya di tempat orang lain.

Manfaatkan Teknologi

Zaman now semua serba mudah, ke mana-mana ga perlu takut nyasar atau ditipu orang karena gak tau tujuan. Kalian bisa manfaatkan google map atau aplikasi lain yang bisa memudahkan traveling.

Mulai dari aplikasi Pack Point untuk bantu berkemas, aplikasi transportasi online seperti Gojek atau Uber, aplikasi untuk memesan tiket wisata hingga kamar hotel seperti Klook, aplikasi untuk ibadah, hingga aplikasi cuaca.

Kurangi Bawa Barang Berharga

Karena kamu harus jalan-jalan di kota atau negara orang sendirian tentunya kamu juga harus menjaga barang-barang pribadi sendirian.

Jangan terlalu banyak membawa barang berharga atau uang cash terlalu banyak apalagi memakai perhiasan berlebihan. Pakai pakaian yang tidak mencolok, berbaur dengan warga local sekitar, simpan benda berharga di hotel atau di tas yang paling aman untuk kamu bawa-bawa.

Ingat, jangan teledor meninggalkan ponsel atau tas di meja ketika makan sendirian atau berada di tempat wisata. Pastikan seaman mungkin ya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Jangan Mudah Percaya pada Orang Lain

Meski kita harus bersikap ramah sebagai pendatang, jangan mudah percaya pada orang lain. Misal ketika ada orang asing yang mengajak ngobrol kemudian menawarkan bantuan cuma-cuma.

Kita bisa tolak dengan halus dan jika terpaksa bisa saja berbohong kecil, seperti seolah-olah kalian sering datang ke sini supaya mereka tidak menganggap kita tidak tahu apa-apa.

Terkadang ada banyak oknum warga lokal yang memanfaatkan turis asing untuk menipu bahkan mencelakakan. So, be aware ya Guys.

Warning! Untuk saat ini solo traveling ke daerah terdekat dari rumah dulu aja ya. Sebisa mungkin tunda kepergian ke luar negeri untuk menekan kasus covid-19. Be safe Guys!

#Traveling #solo traveling #Tips

Berita Populer