Redaksi
Redaksi

Sabtu, 13 November 2021 16:43

Pelantikan pengurus Baznas Luwu.
Pelantikan pengurus Baznas Luwu.

Ketua Baru Baznas Luwu Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, melantik pengurus Baznas Luwu. Ini susunan pengurusnya.

LUWU, BUKAMATA - Bupati Luwu, Basmin Mattayang hadir melantik Ketua Bazanas Luwu, Andi Agung Nas, Hamka (Wakil Ketua I), Hj. Hafisah Saleng (Wakil Ketua II), Ismail Ibrahim (Wakil Ketua III), dan Sainal Abidin (Wakil ketua IV), untuk priode tahun 2021 hingga tahun 2026.

Pelantikan ketua dan wakil ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Luwu, digelar di Rumah Jabatan Bupati Luwu, pada Sabtu, (13/11/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Basmin menjelaskan jika Baznas dibentuk untuk membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam menangani zakat. Ini telah diatur sesuai UU yang berlaku. Ia kemudian meminta pengurus baru untuk memperbaiki niat sebelum melaksanakan tugas.

"Dibutuhkan ketulusan dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus. Dibutuhkan kerja tanpa pamrih, setiap saat dan setiap waktu. Karena, amal ibadah bagi pelaku wajib zakat, itu tergantung pada kita sebagai pengurus zakat. Amal ibadah yang didapatkan oleh pemerintah tergantung juga pengurus Baznas terhadap siapa yang wajib menerima zakat itu," kata Basmin.

"Kalau ada satu tidak connect maka akan pincang kepengurusan. Jika ada yang tidak connect, dan bikin pincang, maka akan saya ganti. Jadi saya minta kerjasama dengan baik antara pengurus, tanamkan niat dalam hati, ketulusan dan keikhlasan menjalankan mandat ini. Menjunjung tinggi budaya sipakatau secara internal," tambahnya.

Basmin kemudian memberikan ucapan selamat kepada pengurus baru, dan menyampaikan ucapan terima kasih untuk pengurus di periode sebelumnya.

"Selamat kepada pengurus yang baru, semoga apa yang kita inginkan sama-smaa dapat tercapai. Kepada pengurus yang lama, saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan pengabdiannya selama ini betul-betul tulus dan ikhlas sehingga bernilai ibadah di sisi Allah SWT," tutup Basmin.

Ditemui usai kegiatan, Ketua Baznas Luwu, Andi Agung Nas menyampaikan rasa syukurnya. Pasalnya proses seleksi panjang yang telah ia lalui bukanlah hal yang mudah.

"Seleksinya begitu pajang dan ketat, sejak awal tahun kemarin, kemudian baru ada hasilnya. Walau pun ada ketua dan wakil ketua, tapi semua yang dilantik tadi sama pak bupati ada 5 orang. Semuanya adalah pimpinan Baznas Luwu, sehingga kerja-kerjanya saling berkaitan satu sama lain. Kolektif kolegial istilahnya," kata Agung.

Agung kemudian akan segera melakukan rapat koordinasi dengan pengurus Baznas lainnya, untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam membenahi Baznas Luwu. "Rencananya kita rapat koordinasi Senin nanti," tutup Agung.

Dalam acara tersebut, hadir pula Tenaga Ahli Bupati Luwu H. Ansar Pandaka, Asisten Administrasi Pemerintahan, Rudi Dappi, Ketua Basnas periode sebelumnya H. Salehka, Ketua MUI Kab. Luwu H. Nazaruddin Bin A, dan Kabag Kesra, Drs. H. Muhammad.

Penulis: Adhiyaksa

#Baznas #Pemkab Luwu