Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Minggu, 07 November 2021 21:39

Musyawarah Wilayah I Pimpinan Wilayah MBB DPW Partai Bulan Bintang Sulsel, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Makassar, Sabtu hingga Minggu, 6-7 November 2021.
Musyawarah Wilayah I Pimpinan Wilayah MBB DPW Partai Bulan Bintang Sulsel, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Makassar, Sabtu hingga Minggu, 6-7 November 2021.

Terpilih Aklamasi, Murniati Kembali Pimpin DPW MBB Sulsel

Anggota Muslimat Bulan Bintang yang tergabung di berbagai organisasi wanita seperti Aisyiah, Muslimat Nahdlatul Ulama, KOHATI, dan berbagai organisasi perempuan lainnya, akan memaksimalkan perannya untuk meyakinkan kaum perempuan menjadikan Partai Bulan Bintang sebagai rumah kaum perempuan dalam perpolitikan.

MAKASSAR, BUKAMATA - Murniati Daeng Matarring kembali terpilih sebagai Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat Bulan Bintang (MBB) Sulawesi Selatan (Sulsel) Periode 2020-2025. Ia terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) I Pimpinan Wilayah MBB DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulsel, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Makassar, Sabtu hingga Minggu, 6-7 November 2021.

Muswil MBB digelar secara sederhana, berjalan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam Muswil I PW MBB Sulsel, juga dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Muslimat Bulan Bintang, Hamidah Yacoub, didampingi Sekretaris Umum DPP MBB, Yesi Yoga Puspita.

Diketahui, setelah laporan pertanggungjawaban diterima oleh 19 Pengurus Cabang MBB di Sulsel, forum selanjutnya menyepakati hanya ingin memilih formatur secara aklamasi dan memilih lima mid formatur. Sehingga setelah mid formatur terbentuk, maka pengurus pusat yang ada di lokasi Muswil langsung berkoordinasi ke DPP PBB.

Secara resmi, pengurus Pimpinan Wilayah MBB Sulsel pun langsung dilantik dan disumpah oleh Ketua Umum DPP MBB, Hamidah Yacoub, dan disaksikan oleh Ketua DPW PBB, Badaruddin Sabang, pada Minggu, 7 November 2021.

Ketua Pimpinan Wilayah MBB terpilih, Murniati, dalam sambutannya mengatakan, dirinya bersama dengan pengurusnya akan memaksimalkan peran Muslimat, baik sebagai organisasi sayap PBB maupun sebagai gerakan dakwah kaum perempuan.

"Anggota Muslimat Bulan Bintang yang tergabung di berbagai organisasi wanita seperti Aisyiah, Muslimat Nahdlatul Ulama, KOHATI, dan berbagai organisasi perempuan lainnya, akan memaksimalkan perannya untuk meyakinkan kaum perempuan menjadikan Partai Bulan Bintang sebagai rumah kaum perempuan dalam perpolitikan," ujarnya.

Ia mengaku membutuhkan sinergitas dengan pengurus PBB untuk merampungkan struktur dan infrastruktur partai di semua tingkatan. "Dan ini tugas tanggungjawab kita bersama. Semoga kepengurusan yang akan datang lebih eksistensi lagi, dalam memberikan peran muslimat," harapnya.

Murniati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah dan tanggungjawab yang diberikan kepada dirinya untuk memimpin lagi lima tahun ke depan.

Sementara, Ketua DPW PBB Sulsel, Badaruddin Puang Sabang, berjanji akan memberikan insentif dana kepada lima DPC PBB yang merampungkan struktur dan infrastruktur partai dengan cepat. "Lima DPC tercepat yang menyelesaikan struktur dan infrastruktur partai, saya akan beri hadiah berupa uang dari saku pribadi, bukan dari kas partai," janji Badar, demikian panggilan akrab Badaruddin Puang Sabang, di hadapan peserta Muswil MBB Sulsel.

Ia juga berharap, MBB baik kabupaten dan kota se Sulsel agar segera bekerja sama pengurus PBB untuk bekerja menyelesaikan struktur dan infrastruktur partai hingga akhir November 2021 ini.

Kesungguhan menghadapi verifikasi administrasi dan faktual agar PBB lolos sebagai peserta Pemilu mendatang, karena memang murni memenuhi syarat sesuai ketentuan, sangat dibutuhkan.

"Kita harus lebih siap menghadapi perhelatan politik 2024 mendatang yakni, Pemilu, Pilpres dan Pilkada," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP MBB, Hamidah Yacoub, mengatakan, MBB merupakan organisasi sayap PBB. Organisasi ini diharapkan jadi ujung tombak untuk perekrutan suara perempuan, agar memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan untuk anggota dewan.

Dirinya pun meminta MBB dari tingkatan pengurus pusat hingga cabang, harus bisa merangkul perempuan untuk bergabung ke MBB. Pihaknya juga menyasar kalangan milenial untuk diajak bergabung.

"Perempuan juga harus melek politik, terutama perempuan milenial yang menjadi sasaran kami untuk bergabung ke Muslimat Bulan Bintang dan membesarkan Partai Bulan Bintang juga tentunya," terang dia.

Hamidah mengatakan, PBB konsisten tetap berjuang secara politik di jalur Islam, karena hingga saat ini azas Partai Bulan Bintang belum berubah sebagai partai berazaskan Islam. Ia juga berharap agar MBB lebih maksimalkan potensi dirinya, memainkan perannya dalam mengisi pembangunan, termasuk menjadi kader bangsa di bidang politik.

Dalam Muswil MBB Sulsel ini juga dihadiri pengurus DPW MBB Sulawesi Barat (Sulbar), dan juga didampingi Sekretaris DPW Partai PBB Sulbar. Usai pelantikan pengurus MBB Sulsel, juga dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah untuk MBB Sulbar oleh Ketua Umum MBB, Hamidah Yacoub. (*)

#Partai Bulan Bintang #Muslimat Bulan Bintang