Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Selasa, 26 Oktober 2021 20:28

Pengumuman dan penyerahan hadiah Lomba UMKM Antar Kecamatan se Kota Makassar, dilaksanakan di TSM Makassar, Selasa, 26 Oktober 2021.
Pengumuman dan penyerahan hadiah Lomba UMKM Antar Kecamatan se Kota Makassar, dilaksanakan di TSM Makassar, Selasa, 26 Oktober 2021.

Lomba UMKM Antar Kecamatan se-Kota Makassar Berhadiah Puluhan Juta, Berikut Daftar Pemenangnya...

UMKM itu membentuk kelompok yang disebut kelompok wirausaha bersama dan disahkan oleh lurah sebagai legalitas. Mereka kemudian dibina agar bisa tumbuh dan berkembang.

MAKASSAR, BUKAMATA - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Makassar, memberikan hadiah puluhan juta kepada pemenang Lomba UMKM Antar Kecamatan se-Kota Makassar. Hadiah kepada para pemenang diserahkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Dra Hj Sri Sulsilawati MSi, di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Selasa, 26 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Sri mengungkapkan sejumlah aspek yang dinilai dalam lomba UMKM ini. Antara lain, aspek legalitas, aspek manejemen (pemasaran dan keuangan), dan aspek strategi promosi (pemanfaatan sosial media untuk menjual produk UMKM).

Aspek penilaian lainnya, lanjut Sri, bermanfaat atau tidak produk UMKM dalam penyerapan/membuka lapangan kerja. Serta, bagaimana UMKM ini bersinergi dengan aktivitas pariwisata sehingga bisa menciptakan lorong wisata.

Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar ini menuturkan, UMKM itu membentuk kelompok yang disebut kelompok wirausaha bersama dan disahkan oleh lurah sebagai legalitas.

"Mereka dibina bagaimana bisa tumbuh dan berkembang. Setelah ada pembinaan, masuk dalam inkubator center UMKM. Jadi, semua produknya masuk disitu, nanti disanalah kita olah agar memiliki kualitas dan berdaya saing sehingga UMKM bisa naik kelas," tukasnya.

Adapun daftar nama-nama kecamatan yang meraih juara lomba UMKM antar Kecamatan se Kota Makassar, masing-masing Juara 1 Kecamatan Biringkanaya, Juara 2 Kecamatan Mamajang, dan Juara 3 : Kecamatan Rappocini.

Selanjutnya, Juara Harapan 1 Kecamatan Wajo, Juara Harapan 2 Kecamatan Makassar, dan Juara Harapan 3 Kecamatan Ujung Pandang. Keluar sebagai Juara Favorit yakni Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

Para juara Lomba UMKM antar Kecamatan ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta untuk Juara 1, Rp 17,5 juta untuk Juara 2, dan Rp 15 juta untuk Juara 3.

Sedangkan untuk Juara Harapan 1 berhak atas hadiah sebesar Rp 12,5 juta, Juara Harapan 2 sebesar Rp 10 juta, Juara Harapan 3 Rp 5 juta, dan Juara Favorit Rp 2,5 juta. (*)

#Dinas Koperasi dan UMKM Makassar #Lomba UMKM #Pemkot Makassar