Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 12 Oktober 2021 15:48

Para atlit Karate Kata Beregu Putra Putri Sulawesi Selatan dan para official berfoto bersama setelah meraih medali emas di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura, Selasa (12/10/2021). Foto : PB PON XX PAPUA
Para atlit Karate Kata Beregu Putra Putri Sulawesi Selatan dan para official berfoto bersama setelah meraih medali emas di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura, Selasa (12/10/2021). Foto : PB PON XX PAPUA

Cetak Sejarah di PON Papua, Karate Sulsel Kawinkan Medali Emas

Tim Kata beregu putra Sulawesi Selatan berhasil mempertahankan tradisi medali emas yang telah dijaga selama lima kali berturut-turut di ajang PON.

PAPUA, BUKAMATA - Kontingen Sulawesi Selatan kembali mengawinkan dua medali emas dari cabang olahraga Karate di nomor Kata Beregu Putra dan Putri, pada PON XX Papua 2021.

Pada partai final yang digelar di GOR Politeknik Penerbangan, Kota Jayapura, Selasa (12/10/2021), tim Kata beregu putra Sulsel yang menurunkan Andy Dasril Dwi Darmawan, Andy Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi memperagakan Kata Anan Dai berhasil mengalahkan DKI Jakarta.

Tim Sulsel yang memperagakan jenis Kata Anan Dai sukses meraih total 24.68 angka. Sedangkan tim DKI Jakarta yang menurunkan La Ode Andinuddin, Lutfi Ardiansyah, dan M. Zidane Bhagaskara hanya mendapatkan angka 24.0.

Sementara Tim Kata beregu putra tuan rumah Papua dan Jawa Timur harus puas berbagi medali perunggu bersama di tempat ketiga setelah mengalahkan masing-masing lawannya di partai perebutan medali perunggu.

Tak puas hanya dengan tim Kata beregu putra, kali ini giliran tim Kata beregu putri Sulawesi Selatan yang mendapatkan medali emas setelah menundukkan tim Papua di partai puncak nomor Kata beregu putri.

Tiga Srikandi Kata Sulawesi Selatan, Nur Rizka Fauziah, Magfirah Syamsul Alam, dan Nadya Baharuddin yang menampilkan jenis Kata Unsu sukses memikat para juri dan mendapatkan 24.34 angka.

Sedangkan tiga Karate-Ka putri Papua yang diperkuat Nadine Rizqi Athira, Naila Rizqi Athalla, dan Razta Malen Rumbekwan hanya mampu mendapatkan angka 23.69 dari jenis Kata Anan Dai yang ditampilkan.

Peringkat ketiga nomor Kata beregu putri ditempati oleh kontingen Jawa Barat dan DKI Jakarta sebagai peraih medali perunggu bersama.

Berkat hasil ini, maka tim Kata beregu putra Sulawesi Selatan berhasil mempertahankan tradisi medali emas yang telah dijaga selama lima kali berturut-turut di ajang Pekan Olahraga Nasional.

Raihan ini juga menjadi sejarah buat cabang olahraga Karate, karena baru karateka Sulsel yang berhasil mengawinkan medali nomor kata sejauh ini. Meski Sulsel sebenarnya kerap menjaga tradisi mereka meraih medali di cabang andalan ini.

#Karate #PON XX Papua