Muh. Taufik
Muh. Taufik

Selasa, 05 Oktober 2021 14:10

Kreatif Berjualan Daring Ciptakan Produk Inovatif

Kreatif Berjualan Daring Ciptakan Produk Inovatif

Perdagangan digital menawarkan beragam kemudahan pemasaran produk, pembayaran, dan berbagai fitur di laman usaha daring.

BAU BAU, BUKAMATA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 5 Oktober 2021 di Baubau, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Tips dan Trik Jualan Daring”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari dosen, Asrul Sani; Co-Founder Olride, Rama Hidayat; jurnalis Kompas TV, Defriatno Neke; dan pemengaruh, Lois Tangel. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Moh. Ansari. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta. Pada Webinar kali ini diikuti oleh 763 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Selanjutnya, sesi materi webinar diawali oleh Asrul yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pendemi Covid-19”. Menurut dia, digitalisasi alur kerja nelayan dan petani dari inventarisasi aset & infrastruktur hingga pascaproduksi & pemasaran akan memudahkan usaha mereka go online. “Kepedulian terhadap konsumen dan kerjasama tim usaha daring dalam menerapkan strategi pemasaran jadi kunci kesuksesan petani & nelayan mengembangkan usaha digital,” jelasnya.

Berikutnya, Rama menyampaikan materi etika digital berjudul “Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Daring”. Ia mengatakan, penerapan etika dalam memasarkan produk lokal di toko daring menjadi penting karena berpengaruh pada pembentukan citra yang baik di mata pelanggan. Citra positif ini akan meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau usaha yang pada akhirnya mampu memaksimalkan keuntungan. “Sikap ramah, jujur, dan amanah jadi kunci menarik hati pelanggan,” jelasnya.

Sebagai pemateri ketiga, Defriatno membawakan tema budaya digital tentang “Peran Literasi Digital Mengubah Pola Pikir Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Menurut dia, perdagangan digital menawarkan beragam kemudahan pemasaran produk, pembayaran, dan berbagai fitur di laman usaha daring. Kemudahan-kemudahan itu selayaknya dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas usaha, bukan justru membuat kita boros belanja daring. “Bedakan antara kebutuhan dan keinginan serta atur keuangan secara ketat dan disiplin agar kita tak terjebak konsumerisme,” pesannya.

Adapun Lois, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digital mengenai “Tips Aman Berbelanja Daring”. Ia mengatakan, dengan digitalisasi, semua terasa jauh lebih mudah dan bisa menjelajah banyak hal, termasuk dalam belanja daring. Namun kemudahan ini bisa jadi bumerang jika kita tak membekali diri dengan perbaruan kemajuan teknologi dan internet. “Bijaklah dalam memilih penjual atau toko daring yang terpercaya, jangan sampai harapan tak sesuai realita,” sarannya.

Acara berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Sesi ini disambut hangat dengan beragam pertanyaan menarik dari para peserta. Dalam webinar Literasi Digital di Baubau kali ini, panitia memberikan apresiasi berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. 

Salah satu pertanyaan menarik peserta diantaranya tentang bagaimana menanggapi godaan promosi lewat algoritma di ponsel pintar dan media sosial. Narasumber menyarankan, pertimbangkanlah kebutuhan yang benar-benar penting dan mendesak serta kontrol hasrat belanja agar tak boros.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

#Dyandra Promosindo