Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 25 September 2021 17:29

Seorang yang mirip dr Gerald Sokoy, duduk di atas pesawat.
Seorang yang mirip dr Gerald Sokoy, duduk di atas pesawat.

Beredar Foto Dokter Gerald Sokoy di Pesawat, Sudah Dibebaskan Teroris KKB Papua?

Tampak foto dr Gerald Sokoy di atas pesawat. Memakai jaket hoody biru. Apakah dia sudah dibebaskan teroris KKB?

PAPUA, BUKAMATA - Sebuah foto beredar di media sosial. Dokter Gerald Sokoy (28) terlihat duduk di sebuah kursi pesawat. Dekat jendela. Dia menutup kepalanya dengan tudung jaket hoody birunya. Jaket yang sama dia pakai saat meninggalkan Kiwirok usai diserang KKB.

Seorang pengguna media sosial yang memposting foto tersebut menyebutkan kalau dr Gerald Sokoy telah diserahkan ke Pemkab Pegunungan Bintang. Dokter Gerald Sokoy adalah salah satu saksi hidup atas kekejaman terhadap nakes yang terjadi di Kiwirok pada Senin, 13 September 2021 lalu.

Sebelumnya, juru bicara TPNPB-OPM atau teroris KKB, Sebby Sembom mengatakan, pihaknya tidak menyandera dr Gerald Sokoy. Namun mengamankan. Mereka mengaku mengamankan Gerald saat sedang tersesat di hutan.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan, pihaknya telah mengetahui kondisi dr Gerald. Dia dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah Gerald sehat, walaupun kita sudah minta bicara langsung. Tapi kami percaya dia dalam kondisi sehat. Kami lagi bernegosiasi dengan berbagai pihak agar ada jaminan keamanan terhadap Gerald. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan," kata Taufan, Sabtu (25/9/2021).

Dia mengatakan Komnas HAM sedang bernegosiasi agar Gerald bisa segera dipulangkan dengan selamat. Dia berharap agar semua pihak saling menjaga kondisi di Papua agar tetap aman dan kondusif.

"Tugas kami hanya membantu supaya Gerald bisa pulang selamat ke rumah. Tidak ada permintaan tertentu untuk menyerahkan Gerald. Tadi saya kontak kepala perwakilan, dia lagi ada di wilayah pegunungan. Kami minta jaringan keamanan. Kami berharap ada keamanan dari semua pihak, jangan kemudian nanti ada sesuatu terjadi," ucapnya.

#KKB #KKB Papua