Muh. Taufik
Muh. Taufik

Sabtu, 11 September 2021 07:20

Menakar Informasi Seputaran Vaksin di Masyarakat, Pemuda IPMP Lamappatunru Kab Bone Gelar Diskusi

Menakar Informasi Seputaran Vaksin di Masyarakat, Pemuda IPMP Lamappatunru Kab Bone Gelar Diskusi

Untuk di Bone sendiri memang banyak juga masyarakat yang rela antri berjam-jam untuk mendapatkan vaksin, namun perlu diketahui dari beberapa pengakuan masyarakat, mereka mendapatkan informasi jika belum divaksin maka tidak dapat bansos, atau segala pengurusan administrasi itu harus memperlihatkan kartu vaksin.

BONE, BUKAMATA - Menakar Informasi seputar keresahan masyarakat terkait Vaksinasi, Sebuah Organisasi Kepemudaan (OKP) Ikatan Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda IPMP Lamappatunru Kabupaten Bone menggelar dialog Publik di salah satu Cafe di Bone, Jumat (10/9/2021)

Dialog Publik tersebut mengangkat Judul : Ada Apa Dengan Vaksin..?? Dengan Tema (Menakar Informasi Seputaran Vaksin di Masyarakat) , Tema tersebut sengaja dipilih oleh panitia pelaksana untuk menjawab ketakutan masyarakat untuk vaksin, apalagi banyaknya informasi/berita yang dinilai menyeramkan baik di media maupun di media sosial.

"Masyarakat kita saat ini banyak yang takut untuk divaksin, karena kenapa, setiap hari mereka melihat berita atau informasi yang mengatakan banyak yang sakit-sakitan bahkan meninggal dunia setelah di vaksin," Kata Sudirman Ketua IPMP Lamappatunru

Lanjut kata Sudirman, untuk di Bone sendiri memang banyak juga masyarakat yang rela antri berjam-jam untuk mendapatkan vaksin, namun perlu diketahui dari beberapa pengakuan masyarakat, mereka mendapatkan informasi jika belum divaksin maka tidak dapat bansos, atau segala pengurusan administrasi itu harus memperlihatkan kartu vaksin.

"Jadi banyak masyarakat yang vaksin karena terpaksa dengan berbagai macam alasan tadi, bukan semata-mata keinginan sendiri untuk melawan covid 19 ini, untuk itu dalam dialog ini diharapkan mampu melahirkan output ke Masyarakat yang mampu menyadarkan masyarakat kita bahwa vaksin itu aman dan bukan menjadi salah satu persyaratan administrasi, "Tandas Sudirman

Kegiatan dialog publik tersebut dihadiri oleh Narasumber yang memiliki kompeten untuk menyampaikan informasi, diantaranya Jubir Covid 19 drg. Yusuf Tolo, Kapolres Bone yang diwakili oleh Kasat Intel AKP Surahman, Wakil Ketua Komisi IV A. Muh. Salam dan perwakilan media Ekha Handayani (Ketua Wartawan Independen Bone) serta dipandu oleh Moderator Zainal Kepala LPPL SBB Fm.

Dialog tersebut berlangsung alot, dikarenakan berbagai pertanyaan yang muncul dari para peserta dan pemuda yang mewakili masyarakat. Namun pertanyaan-pertanyaan tersebut mampu dijawab oleh semua pemateri yang hadir.

Juru Bicara Covid 19 Bone Yusuf Tolo mengatakan bahwa memang tidak bisa dipungkiri banyaknya informasi informasi yang beredar di masyarakat dan informasi tersebut adalah hoax dan tidak mampu di pertanggungjawabkan. "Untuk itu disinilah peran media untuk mengolah semua informasi sesuai dengan fakta yang ada dan dapat mengedukasi masyarakat" Kata Yusuf

Selain itu Yusuf juga mengatakan bahwa vaksinasi itu memang tidak bisa menjamin ketika sudah vaksin maka tidak akan tertular virus covid 19, namun vaksin itu bermanfaat untuk membuat tubuh lebih kebal dan melindungi tubuh dari serangan virus selain itu dapat menurunkan resiko angka penyebaran.

"Memang banyak masyarakat yang merasakan efek samping setelah di vaksin tapi efeknya paling 2 sampai 3 hari, namun setelah itu sistem kekebalan tubuh akan bertambah, yang jelas vaksinasi itu aman, makanya mari kita sukseskan vaksinasi di daerah kita, agar kondisi kembali normal seperti sedia kala sebelum covid 19 menyerang, " Kuncinya.

PENULIS:OCES

#Kab Bone