Ririn
Ririn

Rabu, 02 Juni 2021 13:17

Huawei Luncurkan Sistem Operasi untuk Smartphone-nya Sendiri

Huawei Luncurkan Sistem Operasi untuk Smartphone-nya Sendiri

Huawei mengatakan bahwa HarmonyOS akan tersedia di lebih banyak perangkat, seperti tablet, speaker pintar, dan bahkan smartphone-nya.

BUKAMATA - Raksasa teknologi China, Huawei telah meluncurkan sistem operasi buatannya sendiri, HarmonyOS.

Langkah ini dilakukan dua tahun setelah AS memasukkan perusahaan itu ke dalam daftar hitam perdagangan.

Pembatasan tersebut secara efektif mencegah perangkat Huawei bekerja sepenuhnya dengan platform Android, karena Google memblokir akses ke aplikasi penting seperti Gmail dan YouTube.

Sebelumnya, sistem operasi ini hanya bekerja di smart TV. Tapi pada hari Selasa, Huawei mengatakan bahwa HarmonyOS akan tersedia di lebih banyak perangkat, seperti tablet, speaker pintar, dan bahkan smartphone Huawei.

Pembaruan akan diluncurkan di seluruh Asia, namun belum ada tanggal untuk peluncuran global.

Upaya untuk mempopulerkan HarmonyOS baru Huawei mungkin merupakan tugas yang berat. Pada kenyataannya, upaya sebelumnya untuk menantang sistem operasi Android dan iOS yang populer telah gagal, seperti sistem operasi Microsoft Windows Phone dan sistem operasi Tizen dari Samsung.

“Akan menarik untuk melihat seperti apa tampilan antarmuka pengguna Harmony OS dan apakah memang ada beberapa fitur yang membuat beberapa pengguna mendukungnya, tetapi saya tidak menahan napas,” kata Bryan Ma, dari firma riset pasar IDC.

Kantor Berita resmi China Xinhua melaporkan bahwa Huawei menargetkan HarmonyOS bisa digunakan pada 300 juta perangkat pada akhir tahun.

#Huawei