Muh. Taufik
Muh. Taufik

Jumat, 07 Mei 2021 19:26

Bangun Sinkronisasi Rencana Induk SPBE, Pemda Lutra dan ITS Surabaya Teken MoU

Bangun Sinkronisasi Rencana Induk SPBE, Pemda Lutra dan ITS Surabaya Teken MoU

Bupati Luwu Utara dua periode ini juga berharap kehadiran kerjasama ini dapat mengakselerasi pelayanan pemerintahan dalam rangka menghadirkan pemerintahan yang good and clean

LUWU UTARA, BUKAMATA - Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menjalin kerjasama di sektor Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kerjasama ini diperkuat dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bupati dan Rektor ITS yang dilakukan secara virtual, Jumat (7/5/2021), di Ruang Command Center Kantor Bupati. Di mana tindak lanjut dari MoU ini adalah segera dilakukannya penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang meliputi Strategi Pengembangan SPBE dan Arsitektur SPBE.

Arsitektur SPBE di sini meliputi Arsitektur Proses Bisnis, Arsitektur Data dan Informasi, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Infrastruktur, Arsitektur Keamanan, dan Arsitektur Layanan. Adapun latar belakang dari kerjasama yang dibangun adalah untuk menyinkronkan Rencana Induk SPBE antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Di mana ITS sebagai perguruan tinggi yang menjadi Tim Evaluator eksternal SPBE bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Bupati Indah Putri Indriani mengapresiasi kerjasama yang dibangun antara Pemda Luwu Utara dan ITS Surabaya. “Kita harap kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, terutama dalam perbaikan SPBE yang telah menjadi PR kita bersama,” kata Indah. Bupati Luwu Utara dua periode ini juga berharap kehadiran kerjasama ini dapat mengakselerasi pelayanan pemerintahan dalam rangka menghadirkan pemerintahan yang good and clean serta berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah, lebih murah dan memberikan akses yang sama kepada masyarakat.

“Jadi, mereka akan kita bantu dalam melakukan perbaikan layanan, terutama dalam pemanfaatan teknologi dan informasi. Kita menyadari bahwa masih banyak PR bersama yang bisa kita kerjasamakan dengan perguruan tinggi, khususnya dengan ITS Surabaya, karena ITS adalah salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kementerian PAN-RB menjadi Tim Evaluator Eksternal SPBE, terang Indah. Lebih jauh ia mengatakan bahwa kerjasama ini segera ditindaklanjuti dengan penyusunan Rencana Induk SPBE, antara lain mengikuti perkembangan strategi SPBE dalam rangka memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Semoga dengan kerjasama ini, apa yang menjadi harapan kita bersama, khususnya di jajaran Pemda Luwu Utara dapat segera terealisasi,” harapnya. Pada kesempatan itu pula, Bupati Luwu Utara juga me-launching Sistem Monitoring dan Evaluasi Pra-Mandiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Luwu Utara atau SI MODIS LUTRA. Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Armiady, dan Tim Koordinasi SPBE Luwu Utara. Sementara dari ITS Surabaya, selain Rektor ITS Mochamad Ashari, hadir pula Wakil Rektor I, II, III dan IV, Sekretaris ITS, para Dekan Fakultas, para Direktur, Manajer Senior Pengelolaan Kerjasama dan Departemen Teknilogi Informasi Hakim Ghozali.

#Pemda Luwu Utara #Kab Luwu utara