Redaksi
Redaksi

Senin, 03 Mei 2021 15:34

Bersama Kapolda, Plt Gubernur Sulsel Sidak di Pasar Butung dan Mall Panakkukang

Bersama Kapolda, Plt Gubernur Sulsel Sidak di Pasar Butung dan Mall Panakkukang

Ia pun menyarankan pihak pengelola agar pengunjung dibatasi sekitar 500 orang saja. Sehingga lebih mudah dikontrol dalam protokol kesehatan.

 

MAKASSAR, BUKAMATA - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam dan Inspektur Kodam (Irdam) XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Purbo Prastowo melakukan sidak di beberapa titik pusat perbelanjaan di Kota Makassar, Senin (3/5/2021). Mengingat menjelang lebaran Idul Fitri 1442 H, daya beli masyarakat meningkat.

Di lokasi pertama di Pasar Butung, Andi Sudirman menyusuri beberapa kios. Ia tampak menemukan beberapa pengunjung yang tidak mengenakan masker. Dirinya pun lantas membagikan masker serta memberikan imbauan.

"Jaga jarak ta. Gunakan selalu maskernya. Seluruh penjual, harus mengikuti protokol kesehatan, jangan ada pengunjung yang menumpuk di dalam, harus menjaga jarak dan mengantri," imbaunya menggunakan toa sembari menyusuri kios-kios di pasar Butung.

"Para pemilik kios, bahwa perlu kita sampaikan kemarin pasar ini terlalu padat dan viral. Kami khawatir dan was-was, apalagi Covid-19 masih ada," ujarnya melalui pusat sumber suara di Pasar Butung.

Ia pun meminta, masyarakat pengunjung/pembeli tetap menahan diri. "Jika konternya luas 3x4, maka 2-3 orang saja yang masuk pembeli. Jika penjual perhiasan atau pernak-pernik, pembeli di depan harus tetap menjaga jaraknya, mengantri. Jangan numpuk-numpuk jadi sesak," pintanya.

Ia pun menyarankan pihak pengelola agar pengunjung dibatasi sekitar 500 orang saja. Sehingga lebih mudah dikontrol dalam protokol kesehatan.

"Saya minta tolong supaya tempat ini tidak ditutup, kami minta kerjasama dari pihak pengelola dan penjual, karena konsekuensinya ini pengelola dan penjual. Pihak sekuriti, harus membatasi pengunjung, (melebihi kapasitas) ada yang keluar baru boleh ada yang masuk lagi. Kita tegaskan, jadi tiga (pengunjung) keluar, tiga orang boleh masuk lagi," jelasnya.

"Insya Allah, kita sama-sama berkolaborasi bagaimana ekonomi tetap jalan. Kami pertegas tidak ada toleransi, kami meminta pengelola untuk tidak melayani (pengunjung) yang tidak menggunakan masker, yang tidak menjaga jarak, serta selalu menyediakan hand sanitizer dan menjaga kondisi jumlah pengunjung," pintanya.

Ia pun mengaku, bahwa pihak Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk pengalihan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Usai di Pasar Butung, Andi Sudirman kembali berkunjung di Mall Panakkukang. Di sana tampak Andi Sudirman melihat kondisi yang sudah mulai membatasi pengunjung. Ia pun berharap agar kondisi ini bisa tetap dipertahankan, sehingga mencegah penyebaran virus corona. "Pertahankan kondisi ini. Jika ada yang keluar, baru bisa masuk. Mau buka (mall/pasar) silahkan, yang penting kondisi membatasi pengunjung tetap dipertahankan, dan sekuriti di depan menjaga dengan ketat," imbuhnya.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menghimbau kepada masyarakat, "Mari sama-sama patuhi protokol kesehatan yang ada, karena ini untuk kepentingan kita bersama. Jangan dianggap sepele," ungkapnya.

Pengelola Pasar Butung, Baharuddin mengatakan, bahwa pihaknya akan mengingat imbauan Plt Gubernur Sulsel. Khususnya dalam membatasi kunjungan dari masyarakat.

Sementara itu, pengelola Mall Panakkukang, Joni mengatakan, bahwa pihaknya akan membatasi masyarakat yang masuk dengan maksimal 3.300.

#Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman #Mall Panakukang