Ririn
Ririn

Kamis, 22 April 2021 09:30

Int
Int

Apakah Berpuasa Aman Bagi Ibu Hamil dan Janin?

Selama hamil, Anda harus fokus untuk memberikan nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak dan tubuh janin

BUKAMATA - Selama kehamilan, calon ibu membutuhkan nutrisi lebih untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Lantas, apakah berpuasa selama bulan Ramadhan bisa akan berpengaruh pada kehamilan?

Tidak banyak penelitian yang mempelajari hal ini. Tapi, selama hamil, Anda harus fokus pada tiga hal, yaitu membantu bayi Anda menambah berat badan,
memberikan nutrisi untuk membantu perkembangan otak dan tubuhnya, serta mengembangkan simpanan lemak ibu jika Anda berencana untuk menyusui.

Dilansir dari whattoexpect.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak makan untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan produksi badan keton, molekul yang diproduksi oleh hati jika seseorang kekurangan asupan makanan, yang dapat berdampak negatif pada janin.

Mempertimbangkan risiko tersebut, taruhan terbaik bagi Anda kemungkinan besar adalah menghindari puasa saat Anda hamil. Anda tidak perlu merasa bersalah, karena ibu hamil tidak diwajibkan berpuasa dan harus menggantinya setelah Ramadhan atau membayar fidyah.

Meskipun demikian, jika berpuasa penting bagi Anda, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan Anda apakah itu aman atau tidak bagi Anda dan calon bayi Anda.

Tips berpuasa
Jika dokter Anda mengizinkan Anda untuk berpuasa, maka tips berikut dapat membantu:

1. Tetap terhidrasi
Dehidrasi adalah bisa berisiko bagi calon ibu. Karena itu, minumlah lebih banyak air di antara waktu berbuka puasa hingga imsak.

2. Kurangi aktifitas yang melelahkan
Ada kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih sedikit energi saat berpuasa, jadi hindari aktivitas atau olahraga yang berat.

3.Dengarkan tubuh Anda
Beristirahatlah saat Anda merasa lesu atau lelah. Dan jika suatu saat Anda mulai merasa pusing atau lemah, Anda harus rela untuk membatalkan puasa.

#Kehamilan #Tips puasa