Aswad Syam
Aswad Syam

Kamis, 04 Maret 2021 12:47

Haerul alias Irul (tengah bawah), menantu Santoso, tewas akibat ledakan bom yang dia bawa.
Haerul alias Irul (tengah bawah), menantu Santoso, tewas akibat ledakan bom yang dia bawa.

Detik-detik Menantu Santoso Tewas oleh Bom Sendiri

Menantu Santoso, Haerul alias Irul, tewas akibat bom yang dia bawa meledak. Saat itu, MIT tengah terlibat kontak senjata dengan Satgas Madago Raya.

POSO, BUKAMATA - Senin, 1 Maret 2021. Di Pegunungan Andole, Desa Tambarana, Poso Pesisir Utara. Sore itu, sekitar pukul 16.30 Wita, pasukan dari Satgas Madago Raya mendengar gemerisik ranting.

Isyarat diberikan pimpinan pasukan untuk diam. Lalu, mereka melihat gerombolan pria gondrong, memanggul senjata. Mereka adalah kelompok bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Mereka sedang turun gunung. Diduga kehabisan bekal. Lalu hendak turun meminta bekal ke warga. Namun, sebelum sampai ke pemukiman warga, keburu dipergoki oleh Satgas.

Menyadari kehadiran Satgas, mereka pun melepaskan tembakan, hingga terjadi kontak senjata. Di antara rombongan MIT itu, ada Haerul alias Irul. Dia adalah menantu Santoso, mantan pimpinan MIT yang tewas. Irul membawa bom.

Namun saat kontak tembak itu, bom yang dibawa Irul tak sengaja meledak. Lalu menghancurkan tubuh menantu Santoso tersebut.

Satu anggota MIT lainnya, Samir alias Alfin, tewas tertembak. Sementara itu, pimpinan MIT, Ali Kalora diduga ikut terkena peluru dari Satgas. Dia dievakuasi masuk kembali ke dalam hutan oleh sisa-sisa pasukannya. Sedangd dari Satgas Madago Raya, ada satu anggota TNI yang tewas tertembak.

Kapolda Sulteng Irjen Abdul Rakhman Baso, membenarkan ada dua anggota MIT yang tewas. "Kami baru saja usai melakukan identifikasi kepada kedua jenazah MIT. Keduanya adalah Samir alias Alfin dan Irul. Samir tewas tertembak dan Irul tewas akibat bom yang melekat pada badannya meledak," ungkap Irjen Abdul Rakhman Baso, Selasa (2/3/2021) lalu.

Saat ini, aparat Satgas Madago Raya masih terus melakukan perburuan terhadap sisa-sisa anggota MIT.

#MIT #Ali Kalora