Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Kamis, 25 Februari 2021 13:20

FOTO/IST.
FOTO/IST.

UMI Gelar Sidang Etik Terkait Pemukulan Kaprodi Ilmu Komunikasi

Dalam sidang tersebut, Komisi Etik Kampus UMI memanggil sejumlah saksi terkait kasus tersebut. Termasuk beberapa mahasiswa yang berada di lokasi saat terjadi pemukulan.

MAKASSAR, BUKAMATA - Pihak Universitas Muslim Indonesia (UMI) sedang menggelar sidang internal terkait kasus pemukulan yang dilakukan oknum Dosen Fakultas, Muhajir terhadap Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr Hadawiah.

Menurut Plt Ketua Komisi Etik UMI, Prof La Ode Husen, pihak sudah menggelar sidang etik sejak Rabu (25/2/2020). Mereka yang dimintai keterangan merupakan para pimpinan dan dosen di Fakultas Sastra yang mengetahui kejadian tersebut, termasuk mahasiswa.

"Sudah berlangsung sidang etik dari kemarin, dan sekarang masih proses pemeriksaan saksi-saksi. (Saksi itu) mereka yang melihat dan mendengar, semua dari Fakultas Sastra," kata Prof La Ode Husen, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, Prof La Ode Husen mengaku belum bisa memastikan sampai kapan sidang etik akan digelar. Pastinya, setelah semua saksi sudah diperiksa, baru Muhajir dan Hadawiah dipanggil.

"(Lamanya sidan) tergantung proses pembuktian. Setelah saksi-saksi, baru kita panggil yang bersangkutan," bebernya.

Senada, Dekan Fakultas Sastra UMI, Prof Muhammad Basri Dalle mengatakan bahwa kasus tersebut sudah diserahkan ke tingkat universitas, yang selanjutkan dibahas di Komisi Etik UMI.

"Sudah diserahkan ke komisi etik. Setiap ada masalah seperti ini, dikirim ke komisi etik dan diatasi sebagaimana mestinya sesuai aturan kampus," ungkap Prof Basri.

Kata Prof Basri, pihaknya sudah mengirim surat kepada tim komisi etik pada Selasa kemarin. Bahkan, sejumlah pimpinan beserta jajaran Fakultas Sastra sudah dimintai keterangan kejadian tersebut.

"Surat sudah dikirim ke komisi etik kemarin. Mulai WD (Wakil Dekan) 1 hingga WD 5 sempat ditanya satupersatu. Kecuali WD 4 karena beliau sakit. Sebagai saksi, kami ditanyai persoalan kronologi kejadian," bebernya.

Sebelumnya, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Muhajir melakukan pemukalan terhadap Hadawiah di depan ruang Prodi Ilmu Komunikasi UMI, Senin (22/2/2021). Mirisnya, tindak tidak terpuji itu dilakukan di depan sejumlah mahasiswa.

Dalam video yang beredar, oknum dosen laki-laki yang mengenakan kameja bewarna putih itu menendang dan memukul Ketua Prodi Ilmu Komunikasi dengan botol ke arah wajah. Para mahasiswa yang berada di lokasi kemudian melerai.

#Penganiayaan dosen #UMI Makassar #Ilmu Komunikasi UMI