Ririn
Ririn

Kamis, 25 Februari 2021 12:29

Int
Int

Takut Jarum Suntik? Vaksin Covid Bentuk Pil Sedang Dikembangkan

Ilmuwan di Universitas Oxford mengatakan sedang memfokuskan upaya mereka untuk menemukan vaksin baru yang merangsang respons kekebalan dengan lebih baik, tanpa suntikan.

BUKAMATA - Ada kabar baik bagi orang-orang yang takut disuntik. Vaksin covid-19 bisa diberikan dalam bentuk pil di masa depan.

Ilmuwan di Universitas Oxford mengatakan sedang memfokuskan upaya mereka untuk menemukan vaksin baru yang merangsang respons kekebalan dengan lebih baik, tanpa suntikan.

Mereka mengeksplorasi vaksinasi menggunakan semprotan hidung, sama seperti suntikan flu yang diberikan kepada anak-anak, atau dalam bentuk tablet, yang digunakan dalam vaksinasi polio.

Ini tidak hanya menjadi berita bagus bagi orang-orang yang ngeri dengan jarum, tetapi juga membantu meringankan masalah pasokan yang menghambat peluncuran internasional.

Ilmuwan Oxford, Profesor Sarah Gilbert mengatakan menggunakan pil atau semprotan hidung dapat menargetkan sel kekebalan dengan lebih baik di paru-paru, tenggorokan, dan hidung, serta membuatnya lebih efektif.

"Seperti yang Anda ketahui, semua vaksin telah diberikan saat ini sebagai suntikan intramuskuler," katanya pada Komite Sains dan Teknologi House of Commons Inggris.

"Itu belum tentu merupakan cara terbaik untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi virus pernapasan, di mana kami ingin sistem kekebalan aktif di saluran pernapasan bagian atas dan kemudian di saluran pernapasan bagian bawah, tempat virus menyebabkan infeksi."

"Kami memiliki vaksin flu yang diberikan melalui semprotan hidung dan ini bisa menjadi pendekatan yang sangat baik di masa depan untuk menggunakan vaksin melawan virus corona."

"Dimungkinkan juga untuk mempertimbangkan vaksinasi oral di mana Anda menelat tablet... dan itu akan memiliki banyak manfaat untuk peluncuran vaksin jika Anda tidak ingin menggunakan jarum suntik."

Dia menambahkan bahwa kedua inovasi itu akan membutuhkan waktu, dan harus diuji untuk keamanan dan kemanjurannya.

"Respon kekebalan yang akan dihasilkan oleh kedua pendekatan tersebut akan sedikit berbeda dengan apa yang kita dapatkan dari suntikan intramuskular, tetapi mereka berpotensi memiliki keuntungan besar," katanya.

Bulan lalu, uji coba yang dijalankan oleh perusahaan bioteknologi Inggris menemukan bahwa vaksin Covid oral yang diberikan kepada monyet sangat efektif dalam mengimunisasi mereka.

Sementara itu, IoBio yang berbasis di Sussex dan ImmunityBio California sedang mengajukan permohonan persetujuan peraturan untuk menjalankan tes di Inggris, dan uji klinis pil dimulai pada orang Amerika pada bulan Januari.

Vaksin Covid semprot hidung saat ini juga sedang diujicobakan di beberapa orang Inggris.

#Vaksin Covid-19