Ririn
Ririn

Rabu, 13 Januari 2021 13:43

Reuters
Reuters

Mike Pence Menolak untuk Mencopot Trump dari Jabatannya

Mike Pence mengatakan tindakan seperti itu bukan yang terbaik untuk Bangsa atau Konstitusi AS.

BUKAMATA - Wakil Presiden AS Mike Pence menentang penerapan Amandemen ke-25 untuk mencopot Presiden Donald Trump dari jabatannya, menyusul kerusuhan di Capitol minggu lalu.

"Saya tidak percaya bahwa tindakan seperti itu adalah untuk kepentingan terbaik Bangsa kita atau sesuai dengan Konstitusi kita," kata Pence dalam sebuah surat yang dikirim kepada Ketua DPR Nancy Pelosi pada hari Selasa (12/01/2021).

Pelosi menerima surat itu beberapa jam sebelum pemungutan suara resmi terkait resolusi yang mendesak wakil presiden agar menggunakan kekuatan dalam amandemen untuk menggulingkan Donald Trump.

Dalam suratnya, Pence juga berjanji untuk mendukung transisi kekuasaan yang tertib.

Dia membela keputusannya dengan menunjukkan bahwa dia juga telah menolak tuntutan presiden terhadapnya untuk membatalkan pengesahan kemenangan Joe Biden.

"Minggu lalu, saya tidak menyerah pada tekanan untuk mengerahkan kekuasaan di luar kewenangan konstitusional saya ... dan saya tidak akan menyerah pada upaya DPR untuk memainkan permainan politik di saat yang begitu serius dalam kehidupan Bangsa kita," katanya.

#Donald Trump