Ibnu Kasir
Ibnu Kasir

Kamis, 07 Januari 2021 16:45

Joe Biden. IST
Joe Biden. IST

Kongres AS Sahkan Kemenangan Joe Biden Atas Trump

Usai resmi disahkan sebagai pemenang pilpres AS, Joe Biden bersama wakilnya, Kamala Harris selanjutnya akan dilantik pada 20 Januari mendatang.

BUKAMATA - Kongres Amerika Serikat resmi mengukuhkan kemenangan Presiden AS terpilih, Joe Biden atas petahanan Donald Trump dalam pemilihan 3 November 2020.

Hasil akhir perolehan Electoral College dalam pilpres AS 2020 diumumkan secara resmi oleh Pence yang menjalankan tugasnya memimpin sidang ini.

Pengukuhan kemenangan Biden dalam perolehan suara elektoral terjadi setelah massa pro-Trump melakukan kekacauan di Capitol Hill. Proses penghitungan suara elektoral sempat dihentikan selama beberapa jam kemudian dilanjutkan kembali.

Dalam perhitungan suara akhir, Biden mengantongi suara elektoral sebanyak 306, jauh melampaui ambang batas suara maksimal 270. Sementara rivalnya, Trump hanya mengantongi 232 suara elektoral.

Usai resmi disahkan sebagai pemenang pilpres AS, Biden bersama wakilnya, Kamala Harris selanjutnya akan dilantik menjadi Presiden ke-46 AS pada 20 Januari mendatang.

Diketahui, ratusan pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol pada Rabu (6/1/2021) dalam upaya membatalkan hasil pemilihan presiden, memaksa sesi peninjauan oleh Kongres untuk mengesahkan kemenangan Biden tertunda.

Polisi Washington, DC mengatakan setidaknya empat orang tewas dan puluhan lainnya ditangkap dalam insiden yang mengejutkan AS dan dunia internasional itu.

Beberapa tokoh Republik di Kongres mengkritik keras Donald Trump, menyalahkannya karena menyebabkan kerusuhan US Capitol.

#Joe Biden #Amerika Serikat