Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 01 Januari 2021 16:37

Inilah 11 Bentuk Mata, Anda yang Mana?

Inilah 11 Bentuk Mata, Anda yang Mana?

Masing-masing mata bentuk tentunya menakjubkan dengan caranya sendiri.

BUKAMATA - Mata merupakan salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat vital, yakni untuk melihat.

Nah, mata sendiri memiliki berbagai macam bentuk. Ada 6 (enam) macam bentuk umum, yakni, Bulat (round), Monolid Bertudung (hooded), Turun (dowturned), Terbalik (upturned) dan Almond.

Masing-masing bentuk tentunya menakjubkan dengan caranya sendiri. Selain keenam bentuk utama tadi, sebenarnya masih ada sejumlah bentuk lainnya, namun memang kurang umum seperti wideset, closeset, asimetris, besar, dan kecil.

Berikut ini adalah bentuk-bentuk mata yang perlu Anda ketahui. Manakah yang paling menggambarkan mata Anda?

1. Round Eye

Sesuai dengan namanya, round eye adalah mata yang berbentuk bulat. Ciri-ciri umum dari mata bulat kurang lebih sebagai berikut:

  • Mata bulat biasanya besar, menonjol dan terlihat lebih melingkar.
  • Kornea mata bulat dikelilingi oleh warna putih di sekelilingnya.
  • Sudut dalam dan luar mata bundar dibulatkan dan tidak ditarik ke dalam atau ke luar.

2. Monolid

Monolid adalah satu dari sekian macam bentuk-bentuk mata yang umum dimiliki, khususnya orang Asia. Apakah Anda termasuk pemilik mata monolid? Anda bisa mengetahuinya dengan mengetahui karakteristik dari bentuk yang satu ini, yaitu: mata monolid menampilkan lipatan yang tidak terlalu terlihat, sering disebut kelopak mata dangkal atau halus.

3. Hooded Eye

Bentuk mata selanjutnya adalah mata bertudung (hooded eyes). Karakteristik dari mata yang satu ini bisa dibilang hampir mirip dengan mata monolid. Karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mata berkerudung memiliki tulang alis yang tebal dengan lipatan yang dalam.
  • Saat mata berkerudung terbuka, kelopak mata umumnya tidak terlihat dan tertarik ke dalam lipatan.
  • Seiring bertambahnya usia, ruang kelopak mata Anda akan berkurang. Hal inilah yang membuat kelopak mata tampak seperti tudung.

5. Upturned

Upturned eyes adalah bentuk mata yang secara karakteristik merupakan kebalikan dari downturned eyes. Fakta-fakta upturned eyes secara umum meliputi:

  • Merupakan kebalikan dari mata menunduk, yakni mata yang menengadah, memiliki sudut luar yang mengarah ke atas, dan lebih tinggi dari sudut dalam mata.
  • Juga dikenal sebagai “mata kucing”. Menariknya, mata yang menghadap ke atas ini memberikan tampilan yang eksotis.
  • Garis bulu mata bagian bawah mata yang menghadap ke atas melengkung ke arah atas dan bertemu dengan bulu mata bagian atas di sudut luar mata.

6. Almond Eye

Selanjutnya dari macam-macam bentuk mata adalah mata almond (almond eye). Sesuai dengan namanya, mata ini tampak terlihat menyerupai kacang almond. Berikut ini adalah karakteristik umum dari mata almond:

  • Mata almond memiliki kelopak mata yang lebih kecil dan lebarnya lebih panjang daripada bentuknya yang bulat (ini yang menjadikannya terlihat seperti kacang almond).
  • Mata berbentuk almond terlihat mengecil ke satu titik oleh saluran air mata dan mata bagian luar.
  • Bagian luar kornea umumnya tersembunyi di bawah kelopak mata atas dan bawah. Pada beberapa orang, lipatan terlihat jelas.

7. Wide-Set

Mata yang berbentuk wide-set ini memiliki karakteristik umum sebagai berikut:

  • Jarak antara kedua mata lebih dari satu bola mata.
  • Menurut proporsi wajah—dalam ruang yang dianggap sempurna di antara mata—harus ada ruang yang cukup untuk menempatkan tiga mata Anda berdampingan di wajah Anda, dan inilah yang terjadi pada tipe mata wide-set.

8. Close-Set

Berbanding terbalik dengan wide-set eyes, close-set eyes adalah mata yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Jarak antara kedua mata berhimpitan (kurang dari satu bola mata).
  • Memiliki proporsi yang tidak seimbang di wajah.

Anda yang memiliki close-set eyes mungkin akan merasa terganggu penampilannya mengingat bentuknya yang memang tidak proporsional di wajah. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan sedikit modifikasi seperti mencukur alis hingga berbentuk melengkung.

Atau, Anda bisa juga memanjangkan ekor alis dengan pensil alis, pun menggunakan eyeshadow berwarna terang saat merias wajah. Cara ini diklaim dapat menciptakan kesan mata yang lebih lebar.

9. Protruding

Protruding—disebut juga prominent atau bulging eyes—adalah mata yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Mata terlihat menonjol dan mata berukuran cukup besar serta bulat.

10. Small Eye

Small eye memiliki karakteristik umum sebagai berikut:

  • Ukuran mata lebih kecil—bukan sipit—jika dibandingkan dengan fitur wajah lainnya seperti hidung dan mulut.
  • Jarak antara tulang alis dan ujung bulu mata pendek.

Beberapa orang—mungkin termasuk Anda salah satunya—bisa saja jadi kurang percaya diri ketika memiliki bentuk mata yang satu ini. Tidak apa, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menggunakan eyeshadow dengan warna yang cerah (silver, emas, dsb.). Ini akan membuat mata jadi tampak terlihat lebih besar.

11. Big Eye

Bentuk mata lainnya yang perlu Anda ketahui adalah big eye. Ciri Anda memiliki mata besar adalah sebagai berikut: Ukuran mata lebih besar jika dibandingkan dengan fitur wajah lainnya yakni hidung dan mulut.

 

#mata

Berita Populer