Aswad Syam
Aswad Syam

Minggu, 18 Oktober 2020 16:11

Ilustrasi
Ilustrasi

Pemilih Tetap di Kota Makassar Berkurang 66 Ribu, Ini Sebabnya

KPU Kota Makassar telah menetapkan DPT Pilwalkot Makassar 2020. Ada pengurangan 66.503 pemilih jika dibanding DPT Pilpres.

MAKASSAR, BUKAMATA - Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilwalkot Makassar 2020, sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar. Totalnya 901.087 pemilih.

Angka itu berkurang. Jika dibanding DPT pada Pilpres 2019, pengurangannya 66.503 pemilih. Pada Pilpres 2019 lalu, jumlah DPT Makassar 967.590.

Komisioner KPU Kota Makassar Romy Harminto mengakui berkurangnya DPT. Menurutnya, DPT yang penetapannya diplenokan kemarin itu, disebabkan masalah pandemi Covid-19. Dia bilang, banyak perusahaan yang mem-PHK dan merumahkan karyawannya.

Karenanya, karyawan dari daerah yang ber-KTP Makassar, pulang kampung. "Jadi pada saat dilakukan coklit, tidak berada di Makassar," jelasnya.

Meski demikian, KPU Makassar kata Romy, tetap mencari warga yang belum tercatat untuk dimasukkan ke daftar pemilih tambahan.

"Berusaha mencari warga apakah masih ada warga dengan kategori daftaran pemilih tambahan," imbuhnya.

Dari pleno kemarin terungkap, pemilih terbanyak berasal dari tiga kecamatan, yakni, Biringkanaya, Tamalate, dan Panakkukang.

#Pilwalkot Makassar #KPU Kota Makassar