Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 23 September 2020 07:36

Logo KPU
Logo KPU

KPU Tunda Penetapan Ibas-Rio dan Akas

KPU hari akan menetapkan pasangan calon dari 12 daerah di Sulsel. Ada dua pasangan calon yang ditunda, Ibas-Rio dari Lutim dan Akas dari Lutra.

MAKASSAR, BUKAMATA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini akan menetapkan calon kepala daerah serentak di 12 daerah yang melakukan Pilkada di Sulsel.

Tidak semua. Ada dua pasangan kandidat yang ditunda. Yaitu, pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma (Luwu Utara) dan Irwan Bachri Syam-Andi Rio Patiwiri (Luwu Timur). Kedua pasangan itu belum ditetapkan, karena sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Komisioner  KPU Luwu Timur, Adam Safar bilang, saat ini masih menunggu jadwal pemeriksaan kesehatan dari tim pemeriksa Rumah sakit Wahidin karena saat ini pasangan Ibas-Rio sudah dinyatakan negatif. Karena salah satu syarat maju dia harus memenuhi syarat jasmani, rohani dan bebas narkotika.

"Kalau sudah ada hasilnya dari pemeriksaan kesehatan, baru kita jadwalkan lagi penetapanya," ujarnya.

Dalam penetapan tersebut, KPU Luwu Timur hanya menetapkan pasangan Thoriq Husler-Budiman Hakim. Karena pasangan yang memborong 8 Parpol ini, sudah memenuhi syarat jasmani, rohani dan bebas narkotika.

"Hari ini baru ditetapkan yang telah mengikuti semua tahapan (Thoriq-Budiman) dan itu sudah sesuai PKPU," singkatnya.

Sementara Komisioner KPU Lutra Hayu Vandy mengatakan, pihaknya saat ini telah menerima hasil pemeriksaan PCR pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma (Akas) dan sudah dinyatakan negatif.

"Dinyatakan negatif semua (pasangan Akas). Jadi tadi kami sudah bersurat ke tim pemeriksa, IDI dan BNN untuk meminta jadwal kapan bisa waktunya untuk melanjutkan tahapannya beliau," katanya.

Walau sudah negatif dari Covid-19. Pasangan yang diusung oleh Gerindra, PKS dan Hanura itu, tak langsung ditetapkan sebagai calon bupati karena hasil pemeriksaan belum selesai. Dan itu sebagai syarat utama utama maju sebagai kepala daerah.

"Baru dua (Indah-Suaib dan Thahar-Rahmat) karena baru dua yang mengikuti tahapan persyaratan bakal calon. Jadi untuk Bapaslon Akas akan ditetapkan nanti apabila selesai nanti pemeriksaan kesehatan, dan mungkin ada perbaikan nanti dan akan ditetapkan," tutupnya.

#Pilkada Lutim #Pilkada Luwu Utara