Ulfa
Ulfa

Minggu, 13 September 2020 09:42

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Deretan Mitos Sepeda Motor yang Sering Dianggap Fakta

Mitos sepeda motor ini terbentuk dari fakta yang ada di beberapa tahun sebelumnya.

BUKAMATA - Sepeda motor saat ini tidak hanya sebagai sarana transportasi harian semata. Konsumen dan pengendara telah menjadikan sepeda motor sebagai bagian dari gaya hidup dan identitas diri.

Namun di balik itu, ada banyak mitos menyesatkan yang beredar di kalangan pengendara, Mitos ini menyebar dari mulut ke mulut dan dianggap jadi sebuah kebenaran.

mitos sepeda motor ini terbentuk dari fakta yang ada di beberapa tahun sebelumnya. Namun karena perkembangan teknologi dalam dunia otomotif, fakta tersebut menjadi tidak relevan dan menjadi sebuah mitos yang berkembang di kalangan pengendara motor.

Setidaknya ada 3 mitos di dunia roda dua yang masih menjadi pandangan umum para bikers. Dilansir otodetik, berikut ulasannya:

1. Tidak Boleh Mengendarai Motor dengan Kecepatan Tinggi Saat Inreyen

Mitos ini merupakan sebuah fakta yang memang terjadi di zaman dahulu, di masa sepeda motor kebanyakan masih menggunakan teknologi 2 Tak. Masa inreyen merupakan masa penyesuaian mesin yang terjadi pada sepeda motor baru.

Masa inreyen pada kendaraan motor 2 tak sedikit berbeda dengan kendaraan zaman sekarang. Di zaman sekarang kendaraan pada masa inreyen sudah bisa digeber dengan kecepatan tinggi. Yang tidak dianjurkan adalah membuka gas secara mendadak karena bisa menyebabkan penyesuaian mesin berjalan tidak maksimal.

2. Menghidupkan Mesin di Pagi Hari Harus Menggunakan Kick Starter

Awal mula dari mitos ini adalah sepeda motor yang dibuat di bawah tahun 2000-an masih memiliki sistem kelistrikan yang belum secanggih sekarang. Pada masa tersebut aki yang digunakan harus diisi terlebih dahulu dengan nyala mesin pada sepeda motor agar aki bisa awet dan tahan lama.

Menggunakan kick starter pada pagi hari berfungsi untuk membuat aki lebih awet dan tahan lama. Tapi di sepeda motor keluaran sekarang, teknologi aki dan kelistrikan sudah berkembang pesat, sehingga Anda tidak perlu memakai cara usang tersebut untuk merawat aki.

3. Memanasi Mesin dalam Waktu Lama

Berbicara soal ritual memanaskan mesin, tentunya kita juga perlu memperhatikan waktu yang dibutuhkan. Untuk teknologi mesin injeksi tentu tidak usah lama-lama, cukup dengan waktu 1 menit, kondisi mesin sudah dalam kondisi siap digunakan.

Tapi untuk teknologi sepeda motor dengan karburator, mungkin memang membutuhkan waktu yang agak lebih lama karena pengapian di mesin karburator tidak seefektif mesin injeksi.

 

#Mitos #Motor