Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 15 Agustus 2020 11:17

tagihan listrik Tumiran
tagihan listrik Tumiran

Salah Catat Hingga Tagihan Listrik Pelanggan Membengkak Rp19 Juta, Pencatat Meteran Dipecat

Seorang pelanggan listrik di Panakkukang, Makassar, kaget, dia harus membayar Rp19 juta.

MAKASSAR, BUKAMATA - Tumiran kaget. Tagihan listrik yang harus dia bayar mencapai Rp19 juta. Dia pun memprotes dengan mengunggah ke akun twitter Mocca@ummudaardaa miliknya. Cuitan itu viral.

Manajemen PLN UP3 Makassar, Kecamatan Panakkukang, Sulawesi Selatan pun turun tangan. Mereka mengaku kesalahan ada di jajarannya. Petugas pencatat meter yang beroperasi di rumah Tumiran pun dipecat pada Juni 2020 lalu.

Manajer PLN UP3 Makassar Selatan Raditya Hari Nugraha membeber hal itu. Petugas pencatat meteran yang tidak disebut namanya tersebut, selama ini hanya mencatat stand meter yang tidak diperoleh langsung dari rumah Tumiran.

“Ada selisih antara stand yang muncul di invoice dengan yang ada di KWh meter,” kata Raditya.

Saat tibatnya pembayaran, tagihan listrik Tumiran pun menumpuk hingga membengkak Rp19 Juta.

“Pure kesalahan dari oknum petugas kami. Sudah kami berhentikan, dan masalah ini sudah kami selesaikan dengan Pak Tumiran,” jelas Raditya.

Raditya bilang, pihaknya juga sudah bertemu dengan Tumiran. Hasilnya, pelanggan dibebankan pembayaran Rp1.050.504 Juta.

“Kita berikan pemahaman bahwa ini bisa diselesaikan, dan dicicil dalam waktu empat kali pembayaran terhitung sejak bulan Juni 2020 sampai bulan ini (Agustus). Setelah kita hitung ulang selisihnya berarti kurang lebih sekitar Rp262.626 ribu untuk pembayaran tagihan perbulannya,” papar Raditya.

Terkait soal daya 900 Watt yang diklaim pelanggan tidak sesuai dengan pembayaran per bulan, katanya, beban pembayaran tersebut diakibatkan pemakaian yang cukup banyak.

Hal ini diketahui setelah petugas teknis PLN melakukan verifikasi atau pemeriksaan di rumah Tumiran di kawasan Kecamatan Panakkukang, Makassar.

“Makanya kami tawarkan untuk menggantinya dengan daya yang sesuai dengan beban penggunanya. Jadi sekarang sudah ditambah jadi 2.200 Watt,” pungkasnya.

#PLN #Listrik

Berita Populer