Aswad Syam
Aswad Syam

Jumat, 31 Juli 2020 10:03

Sop konro
Sop konro

Jangan Takut Makan Daging, Ini Cara Turunkan Kolesterol

Jangan takut makan daging pada hari raya kurban. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Begini caranya.

BUKAMATA - Hari raya Iduladha biasa juga disebut hari raya kurban. Karena banyak kaum muslim yang berkurban berupa sapi atau kambing, lalu dibagikan ke tetangga terdekat. Karenanya, sajian menu pada hari raya kurban, biasanya didominasi daging.

Mengonsumsi daging, memang rawan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Ini bisa memicu jantung dan stroke.

Pola perubahan gaya hidup dapat menjadi pilihan yang lebih sehat, selain penggunaan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol karena makan daging.

Ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol yang tepat, agar terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam tubuh, seperti dilansir Mayo Clinic, yaitu dengan mengurangi asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat di dalam daging merah dan produk susu penuh lemak.

Langkah berikutnya, hilangkan lemak trans dari daftar menu makanan. Lemak trans, kadang-kadang tercantum pada label makanan sebagai “minyak sayur terhidrogenasi parsial". Biasanya zat itu terdapat dalam margarin, biskuit, kerupuk, dan kue. Makanan yang mengandung lemak trans meningkatkan kadar kolesterol.

Penggunaan margarin yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, atau senyawa “mirip kolesterol" dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan sereal dapat menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol.

The American Heart Association, dalam WebMD merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3. Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Mengonsumsi asam lemak omega-3 dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit arteri koroner. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain ikan salmon, mackerel, tuna, sarden, biji chia, dan walnut (kacang kenari).

Menurut studi dalam jurnal Progress in Cardiovascular, ada empat makanan yang masing-masing telah terbukti dapat mengurangi risiko kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) dan penyakit jantung.

Makanan itu adalah protein nabati yang diperoleh dari makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu, susu kedelai, kacang polong, kacang buncis, atau pengganti daging berbahan dasar kedelai lainnya. 

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, disarankan untuk meningkatkan asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut biasanya terdapat dalam makanan seperti oat, kacang merah, barley, psyllium, terong, okra, apel, pir, jeruk, atau beri.

Agar lebih praktis, konsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

Laura Chiavaroli dari Departemen Ilmu Gizi di Universitas Toronto di Kanada merekomendasikan takaran asupan makanan harian untuk menurunkan 17 persen kolesterol, yakni: 42 gram untuk kacang-kacangan, 20 gram untuk serat larut dan 50 gram bagi yang ingin mengonsumsi protein nabati. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

Selain itu, perbanyak berolahraga setelah Iduladha. Akvifitas fisik membantu meningkatkan kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL). Lakukanlah latihan fisik setidaknya 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Atau, aktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan antara lain, berjalan cepat, bersepeda, atau melakukan olahraga favorit lainnya.

#Idul Adha #Masak Daging