Ulfa
Ulfa

Minggu, 05 Juli 2020 09:16

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penyebab AC Mobil Bau Apak Saat Baru Dinyalakan

Sering kali pemilik merasakan ada bau kurang sedap yang berhembus ketika AC baru dinyalakan.

BUKAMATA - Air Conditioner (AC) merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Terlebih, bagi wilayah yang memiliki dua musim sebagaimana Indonesia.

Namun dalam pemakaiannya, sering kali pemilik merasakan ada bau kurang sedap yang berhembus ketika AC baru dinyalakan. Padahal pada penggunaan terakhir baik-baik saja.

Menurut Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, hal tersebut dikarenakan kondisi AC sedang tidak sehat. Penyebabnya beragam, mayoritas evaporator kotor.

"Bisa juga karena posisi parkir terakhir mobil tidak baik, seperti langsung terpapar sinar matahari atau sekelilingnya kotor. Pastinya, kalau AC baru dinyakan dan ada bau apak, berarti AC sudah tidak sehat meski udaranya masih dingin," katanya.

Lebih jauh, bila dalam beberapa menit setelahnya embusan AC menjadi tidak dingin, maka pemilik patut melakukan pemeriksaan ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Suhu normal AC itu tiga sampai delapan derajat (pengukuran dengan alat termometer digital). Kalau suhunya di atas itu, jelas AC mobil tidak normal atau tidak sehat," ujar Kelvin dilansir Kompas, Minggu (5/7/2020).

"Oleh karena itu, lakukan perawatan AC secara rutin dan detil, jangan hanya servis standar dan ganti filter saja. Cek komponen receiver dryer, expansion valve, hingga flushing system," lanjutnya.

Receiver dryer merupakan komponen yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk kedalam mesin atau sistem AC. Sementara expansion valve berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas.

#AC Mobil