Muh. Taufik
Muh. Taufik

Senin, 04 Mei 2020 10:31

Anis Nirwana, Protokol Pemkot Makassar
Anis Nirwana, Protokol Pemkot Makassar

Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Berharap, bisa mendapatkan jodoh yang seiman. Selain itu, ingin memiliki pasangan yang bisa diajak bekerjasama dalam menyelesaikan masalah.

MAKASSAR - Bagi Anis Nirwana, menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah Pandemi Covid-19 rasanya campur aduk. Senang lantaran masih diberi kesempatan bertemu Ramadan lagi. Sedih karena banyak hal yang biasanya dilakukan, tidak bisa ditunaikan karena kondisi Pandemi.

"Rasanya campur aduk, sedih karena menjalani bulan Ramadan tanpa rutinitas seperti tahun-tahun sebelumnya dan bahagianya itu karena Allah masih kasih kesehatan dan umur panjang untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini," ungkapnya.

Dara cantik yang bekerja sebagai Protokoler Pemerintah Kota Makassar ini mengaku, Ramadan tahun ini lebih banyak dihabiskan dengan beraktivitas di rumah. "Kalau tahun sebelumnya lebih sering buka puasa di kantor, di tempat tugas, sama pas reuni sama teman-teman," ungkapnya.

Satu momen yang sangat dirindukannya, kata Anis, adalah saat bertugas pada acara resmi buka bersama Pemkot Makassar. "Mulai dari mengatur acara persiapan buka puasa yang sedemikian rupa, sampai memastikan seluruh tamu undangan duduk dan siap untuk berbuka puasa," kenangnya.

Meski begitu, lanjut Anis, hikmahnya sekarang lebih fokus menghabiskan waktu dengan keluarga. "Buka puasa sama orang tua, shalat berjamaah, masak sambil buat takjil sendiri," katanya.

Anis menuturkan, hidangan buka puasa yang sangat disenanginya adalah puding. Karena itu, banyaknya waktu luang yang dimiliki digunakannya untuk bereksperimen bermacam-macam puding. "Kalau lagi gabut sekali, baru nonton Korea," ujarnya sambil tertawa.

Ditanya soal pasangan hidup, gadis penghobi renang ini mengaku masih menunggu. Dia berharap, bisa mendapatkan jodoh yang seiman. Selain itu, Anis mengaku, ingin memiliki pasangan yang bisa diajak bekerjasama dalam menyelesaikan masalah. "Saya mau mengenali karakter dan kepribadian pasangan sejak dini, ini bisa membantu memperkuat acceptance diri sendiri untuk menerima segala kekurangan dan kelebihan ketika sudah menjadi pasangan kita," katanya.

Sementara, terkait dengan pekerjaannya, Anis mengaku, sejak penerapan PSBB di Kota Makassar, dia lebih banyak bekerja dari rumah. Hanya sesekali dia bekerja di kantor untuk urusan yang sangat mendesak. "Buat teman-teman yan masih harus bekerja di tengah pandemi, tetap semangat jangan kasi kendor," ucapnya.

Anis berpesan agar pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah harus menjaga daya tahan tubuh. Terlebih di tengah menjalani ibadah puasa saat ini. "Konsumsi vitamin dan minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka, dan yang pasti selalu gunakan masker saat harus keluar rumah," katanya.

Selain menjaga kesehatan fisik, yang tidak kalah penting menjaga kesehatan mental. "Kurangi membaca berita hoax yang bisa menambah kecemasan. Sayangi diri sendiri dengan memilih bacaan berita dari sumber yang akurat untuk menjaga mental yang tetap sehat di tengah pandemi ini," pungkasnya.

Nama : Anis Nirwana
umur : 26 tahun
Pekerjaan : Protokol Pemkot
Agama : Muslim
Hoby : Berenang
Zodiak : Cancer
Kuliner. : Bakso, sari laut, mie titi

#Pemkot Makassar #Humas Makassar #Tanridio