Redaksi
Redaksi

Senin, 06 April 2020 11:08

Begini Cara Dapatkan Listrik dan Token Gratis PLN

Begini Cara Dapatkan Listrik dan Token Gratis PLN

PLN mendukung kebijakan Pemerintah untuk menggratiskan listrik 450 VA, diskon 50% untuk listrik 900 VA, juga kebijakan token listrik gratis untuk pelanggan prabayar.

JAKARTA, BUKAMATA - Presiden RI, Joko Widodo sudah mengumumkan, akan memberikan kemudahan bagi warga akibat dampak Covid-19. Salah satunya, membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan rumah tangga untuk daya 450 Volt Ampere (VA) selama tiga bulan.

Sementara untuk pelanggan 900 VA, akan mendapatkan diskon 50 persen. Kebijakn itu didukung penuh PT PLN. Kompensasi yang diberikan akan berlaku periode April hingga Juni 2020.

“Kebijakan ini sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN," jelas Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, dikutip dari laman resmi pln.co.id.

Menurut Zulkifli, pihaknya sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo itu.
Zulkifli bilang, kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19, yang mengakibatkan lesunya perekonomian.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut kata dia, dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi.

“Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya, mencegah penularan yang makin luas," bebernya.

"Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut," tambahnya.

Zulkifli mengatakan, masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini.

Cara mendapatkan diskon sama dengan pelanggan 450 VA.

Pelanggan cukup mengirimkan nomor ID pelanggan melalui login website PLN www.pln.co.id atau kirim pesan melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Secara otomatis biaya tagihan bagi pelanggan pascabayar akan terpotong 50 persen.

Bukan cuma untuk pelanggan pascabayar, kebijakan ini juga untuk pelanggan prabayar. Cara mendapat token listrik gratis PLN, cukup mudah. Pelanggan hanya perlu mengirimkan nomor ID pelanggan melalui login website PLN www.pln.co.id atau WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, klaim token listrik gratis via WhatsApp sudah bisa dilakukan pada Senin (6/4/2020) hari ini. Sebelumnya, trafik percakapan WhatsApp sangat tinggi.

Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN Melalui website PLN.co.id

1. Buka www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

Selain itu juga dijelaskan, dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu, saat ini sekira 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Sementara baru-baru ini, PLN melalui akun instagram resminya @pln_id membagikan cara bedakan pelanggan subsidi dan non-subsidi.

Berikut panduan yang diberikan PLN:

- Cek struk pembayaran sebelumnya.

- Lihat pada kolom Tarif/Daya.

- Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon.

Namun, jika pada kolom Tarif/Daya kodenya adanya R1M/900, maka dipastikan tidak akan mendapat gratis atau diskon.

#PLN #Gratis tagihan listrik