Hikmah
Hikmah

Jumat, 25 Agustus 2023 13:40

Kerjasama Terkait Konektivitas Pembayaran ASEAN, Turis Indonesia Bisa Belanja di Vietnam  Pakai QRIS

Kerjasama Terkait Konektivitas Pembayaran ASEAN, Turis Indonesia Bisa Belanja di Vietnam Pakai QRIS

Era kerja sama konektivitas pembayaran di ASEAN semakin maju dengan bergabungnya Vietnam dalam perjanjian Regional Payment Connectivity (RPC). Kerjasama ini melibatkan QRIS, Fast Payment, dan sistem pembayaran RTGS, memungkinkan pembelanjaan lintas negara dengan mudah. Gubernur Bank Indonesia dan Deputy Governor State Bank of Vietnam resmi menandatangani nota kesepahaman di Jakarta pada 25 Agustus 2023.

BUKAMATA - Era kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN semakin berkembang dengan resmi bergabungnya Vietnam dalam perjanjian Regional Payment Connectivity (RPC).

Kerjasama ini  ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, dan Deputy Governor State Bank of Vietnam, Thanh Ha Pham.

Acara penandatanganan berlangsung di Hotel Mulia Jakarta pada Jumat 25 Agustus 2023

Kerjasama ini menandai langkah awal Indonesia dan Vietnam untuk menjalin kerja sama dalam bidang QRIS, Fast Payment, dan sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS).

Dengan kerja sama ini, wisatawan Indonesia akan dapat melakukan pembelanjaan di Vietnam hanya dengan menggunakan QRIS.

"Sekarang kita memperluas kerja sama dengan anggota baru, yaitu Vietnam." kata Perry.

Dengan kehadiran Vietnam, jumlah partisipan dalam Kerja Sama Konektivitas Sistem Pembayaran Kawasan bertambah dari lima negara menjadi enam.

Kelima negara ASEAN yang sebelumnya telah menandatangani kerja sama ini adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Perry juga mengungkapkan bahwa Brunei Darussalam telah mengekspresikan minatnya untuk bergabung dan diharapkan akan segera menyusul dalam penandatanganan Nota Kesepahaman.

Ia meyakinkan bahwa semua negara ASEAN akan dapat bergabung dalam kerja sama RPC ini.

"Setelah lima negara siap tahun lalu, kini Vietnam telah siap dan Brunei juga sedang mempersiapkan diri. Dengan demikian, sistem pembayaran ASEAN akan terhubung," tambah Perry.

Perluasan RPC ini memiliki tujuan untuk mendukung kegiatan ekonomi di seluruh ASEAN pasca pandemi, termasuk dalam hal promosi pariwisata dan industri jasa lainnya.

Diharapkan, perluasan ini juga akan memberikan manfaat signifikan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi nasional.

 

#bayar pakai qris #Bank Indonesia #Vietnam

Berita Populer