Redaksi
Redaksi

Sabtu, 18 Maret 2023 23:59

5 Wisata di Ciamis yang Bisa Jadi Pilihan Destinasimu

5 Wisata di Ciamis yang Bisa Jadi Pilihan Destinasimu

Banyak spot foto menarik dan wahana permainan anak membuat Kampung Teratai mendadak hits.

BUKAMATA – Ciamis merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang  berada di paling timur, sehingga berbatasan langsung dengan Cilacap, Jawa Tengah. Wilayah ini disebut juga dengan Kota Manis, karena beberapa tempat atau pemandangan di kota tersebut sangat menarik dikunjungi.

Berikut beberapa tempat wisata di Ciamis, sebagian ada tempat wisata baru yang tengah dikembangkan pemerintah setempat:

1. Batu Susun Rompe.

Batu Susun Rompe yang terletak di perbatasan Kawali dan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekira 2 kilometer dari jalan utama dan harus ditempuh dengan berjalan kaki

Sempat disebut batu yang bentuknya bersusun ini sebagai peninggalan sejarah. Namun berdasarkan hasil pengamatan sementara Tim Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Museum Geologi Bandung, bersama Disbudpora, Batu Susun Rompe ini adalah bentukan alam. Bukan sebuah candi atau peninggalan bersejarah seperti dugaan yang saat ini ramai diperbincangkan

2. Villa Srikandi Panjalu

Tempat wisata Villa Srikandi Panjalu Ciamis ini meski masih dalam tahap penataan namun sudah hits. Mengingat pihak pengelola sudah membukanya untuk umum. Setiap pengunjung mengunggah tempat wisata ini di media sosial sehingga cukup viral.

Villa Srikandi Panjalu memiliki panorama alam yang indah dari atas ketinggian. Di tempat ini juga terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa. Terhadap juga jajanan untuk kulineran. Villa Srikandi Panjalu ini sangat cocok untuk healing.

Bagi yang mau menyewa villa tersebut tarifnya Rp 400 ribu untuk weekday dan Rp 500 ribu untuk weekend. Namun bagi yang hanya ingin berkunjung saja, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai spot foto yang menarik dan berenang tiketnya Rp 15 ribu.

3. Cagar Alam Pananjung

Ciamis juga memiliki cagar alam yaitu Cagar Alam Pananjung yang bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Di tempat ini banyak sekali flora dan fauna yang ada. Di dalamnya terdapat objek wisata seperti Goa Lanang, Goa Panggung, Setu Cirengganis, dan Batu Kaide.

4. Pantai Karang Nini

Selanjutnya, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Karang Nini. Seperti namanya, di pantai ini banyak sekali batu karang di sepanjang pantai, uniknya bentuk batunya menyerupai seorang nenek. Selain itu, pemandangannya juga sangat indah dan udaranya cukup sejuk.

5. Wisata Kampung Teratai Cimaragas

Tempat wisata di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang juga baru adalah Kampung Teratai yang Instagramable dan sedang hits.

Wisata Kampung Teratai berada di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Bojong Salawe Cimaragas. Untuk ke lokasi cukup mudah karena tak jauh dari pinggir jalan. Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat perkotaan Ciamis.

Kenapa namanya Kampung Teratai? karena di lokasi ini terdapat banyak bunga teratai yang tumbuh di kolam-kolam milik warga.

Meski baru dibuka pada awal bulan September kemarin, namun destinasi ini sudah banyak dikunjungi wisatawan. Terutama pada akhir pekan pengunjung bisa sampai ratusan orang.

Banyak spot foto menarik dan wahana permainan anak membuat Kampung Teratai mendadak hits. Tiket masuknya pun cukup terjangkau Rp 5 ribu per orang dan Rp 2 ribu untuk parkir motor.

#Wisata Ciamis #travel #Kampung Wisata