Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Kamis, 08 Desember 2022 09:16

Wakil Bupati Saiful Arif mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Kementerian ESDM dan PT PLN, di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel, kemarin, Rabu, 7 Desember 2022.
Wakil Bupati Saiful Arif mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Kementerian ESDM dan PT PLN, di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel, kemarin, Rabu, 7 Desember 2022.

Tahun Depan, 30 Desa di Selayar Terima Bantuan Pasang Baru Listrik

PLTS Terpusat juga akan dibangun di empat kecamatan kepulauan. Masing-masing di Kecamatan Takabonerate, Pasimasunggu Pasimarannu, dan Pasilambena.

SELAYAR, BUKAMATA - Tiga puluh desa di Kabupaten Kepulauan Selayar akan menerima Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) pada tahun 2023 mendatang. Selain itu, akan dilakukan percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat oleh PT PLN (Persero) UID Sulserabar di empat kecamatan kepulauan.

"Program BPBL sementara dilakukan survei oleh Tim USAID-sinar pada 30 Desa di kecamatan daratan," ujar Kepala bagian Ekonomi Setda Selayar, Rahman Made, usai mendampingi Wakil Bupati Saiful Arif mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Kementerian ESDM dan PT PLN, di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel, kemarin, Rabu, 7 Desember 2022.

Untuk pembangunan PLTS Terpusat di empat kecamatan kepulauan, ungkap Rahman, yakni PLTS Kayuadi Kecamatan Takabonerate dengan kapasitas 1.014 kWp, PLTS Tamalala Kecamatan Pasimasunggu kapasitas 176 kWp, PLTS Bonerate Kecamatan Pasimarannu 1.392 kWp, dan PLTS Kalaotoa Kecamatan Pasilambena  632 kWp.

"Dilakukan juga interkoneksi Daratan Selayar ke Pulau Pasi Kecamatan Bontoharu dengan bentangan kabel listrik, sehingga masyarakat di tiga desa disana dapat menikmati pemenuhan kebutuhan dasar listriknya," jelas Rahman.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar terus memaksimalkan upaya dalam rangka mewujudkan energi listrik berkeadilan. Dari upaya dan koordinasi yang telah dilakukan selama ini, ketiga program itu telah mendapatkan kepastian dan siap untuk direalisasikan. (*)

#Bantuan pasang baru listrik #Pemkab Selayar #Dinas ESDM Sulsel #PT PLN