Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Kamis, 08 Desember 2022 15:16

Ist
Ist

Pemohon Paspor untuk Umroh Meningkat Jelang Akhir Tahun

Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang melandai.

MAKASSAR, BUKAMATA - Jumlah pemohon paspor di Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkat. Peningkatan ini terjadi jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, Agus Winarto, mengatakan, jumlah peningkatan pemohon untuk ibadah umroh ini signifikan.

"Jadi memang tren ini ada peningkatan. Apalagi mendekati Tahun Baru dan Natal.

Baik itu umroh dan wisata ada peningkatan cukup signifikan," katanya, Kamis, 8 Desember 2022.

"Ada peningkatan setiap hari sekitar 200 sampai 250 pemohon dan unit layanan yang di Gowa itu sekitar 114 (pemohon) paspor," sambung Agus.

Dia bilang, peningkatan pemohon paspor yang didominasi umroh ini berkisar hingga 70 persen.

"Dominan di Sulawesi Selatan saudara kita yang ingin melaksanakan umroh luar biasa keinginannya. Jadi hampir 50 sampai 70 persen itu pemohon paspor didominasi yang ingin umroh," jelasnya.

Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang melandai. Misal pada 2020 hingga 2021 saja, lanjut Agus, jumlahnya sedikit. Namun selepas pandemi, penerbangan internasional pun diperbolehkan.

"Peningkatan ada sejak Covid melandai atau berkurang. Ketika tahun 2020 sampai 2021, kita terus terang pemohon paspor sedikit sekali. Baik kantor kami yang di Gowa, maupun yang di Daya. Satu hari rata-rata saat itu 20 sampai 25 (pemohon per hari)," tambahnya.

Seiring perkembangan waktu, Covid melandai, pemohon paspor sudah mendekati seperti pada saat belum ada Covid," pungkasnya. (*)

Penulis : Abdul Mugni
#Kantor Imigrasi Makassar #Pemohon paspor #Ibadah umrah

Berita Populer