Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Minggu, 27 November 2022 17:49

Ist
Ist

Danny Pomanto Instruksikan Siaga Bencana, Siapkan Solusi Atasi Banjir di Makassar

Kemungkinan besar hujan lebat terjadi di daerah selatan Makassar dan Sulsel. Hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya banjir kiriman dari daerah lain. 

MAKASSAR, BUKAMATA - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, mengeluarkan instruksi siaga bencana, Minggu, 27 November 2022. Instruksi tersebut dikeluarkan usai Danny memantau kondisi cuaca lewat aplikasi di smartphonenya.

Danny mengungkapkan, kemungkinan besar hujan lebat terjadi di daerah selatan Makassar dan Sulsel. Hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya banjir kiriman dari daerah lain. 

"Kita bersiap-siap, doakan konsentrasi awan bisa segera terurai. Walaupun kemungkinan hujan lebat di selatan, tapi muara airnya tetap di Makassar," ujarnya.

Ia mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Makassar untuk bersiap melakukan penanganan jika terjadi bencana.

Lebih jauh Danny mengatakan, ada beberapa solusi yang direncanakan untuk mengatasi masalah banjir di Makassar.

Untuk solusi jangka pendek, Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) harus memaksimalkan kinerja dari satgas drainase. Mulai dari pengerukan sedimen hingga pembersihan drainase secara rutin untuk mencegah terjadinya penyumbatan.

"Jaga kinerja drainase agar maksimal," pesannya.

Untuk solusi jangka menengah, kata Danny, Pemkot Makassar harus membuat kanal-kanal terusan langsung ke laut atau sungai, guna menerobos air terjebak akibat pembangunan kawasan yang tidak terintegrasi.

Terakhir untuk solusi jangka panjang, perlu regulasi yang kuat terkait tata ruang.

"Dibutuhkan regulasi tata ruang yang kuat terutama atas ijin pembangunan kawasan termasuk tentang leveling kawasan dan dimensi drainasenya," jelasnya. (*)

 

#Pemkot Makassar #Danny Pomanto #siaga bencana #Banjir Makassar