Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 01 Oktober 2022 18:43

Hamka B Kady
Hamka B Kady

Hari Kesaktian Pancasila, Hamka B Kady Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai di Lima Sila Secara Utuh

Kita harus dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus memiliki sikap menghargai perbedaan seperti dalam perumusan Pancasila.

MAKASSAR, BUKAMATA - Hari ini, tanggal 1 Oktober 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Hamka B Kady, mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila secara utuh.

"Sila-sila Pancasila saling berkaitan dengan sila lainnya. Dengan memandang Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam menjalani kehidupan berbangsa, maka seharusnya kita menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila yang seutuh-utuhnya," ujar Hamka B Kady, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Anggota Komisi V ini mengatakan, kita harus dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus memiliki sikap menghargai perbedaan seperti dalam perumusan Pancasila.

"Kita harus menyadari bahwa negara kita terdiri atas beragam suku bangsa. Setiap suku Bangsa memiliki ragam budaya yang berbeda. Perbedaan suku bangsa dan budaya bukan menjadi penghalang untuk bersatu. Tetapi, justru perbedaan itu akan menjadikan persatuan negara kita yang kuat seperti Pancasila," tuturnya.

Ia mencontohkan, di Sulawesi Selatan (Sulsel) saja, ada banyak beragam suku, agama, dan kepercayaan. Pun dengan budaya yang berbeda-beda. Jika kita tidak menghargai perbedaan sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila, maka kita tidak akan bisa hidup rukun dan damai.

"Pancasila mampu menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita harus bangga memiliki dasar negara yang kuat," pungkasnya. (*)

#Hari kesaktian pancasila #Hamka B Kady #Fraksi Golkar #DPR RI