Wiwi
Wiwi

Rabu, 28 September 2022 11:57

Dinilai Contoh Buruk, KPAI Kecam Kriss Hatta Pacari Remaja 14 Tahun

Dinilai Contoh Buruk, KPAI Kecam Kriss Hatta Pacari Remaja 14 Tahun

KPAI mengkritik Kriss Hatta memacari remaja, terlebih lagi ketika mengetahui Kriss Hatta berencana menikahi anak perempuan tersebut setelah lulus sekolah.

 BUKAMATA –  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) buka suara setelah aktor Kriss Hatta mengaku berpacaran dengan perempuan 20 tahun lebih muda darinya, atau sekitar berusia 14 tahun.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengkritik hal tersebut, terlebih lagi ketika mengetahui Kriss Hatta berencana menikahi anak perempuan tersebut setelah lulus sekolah. Menurutnya, hal itu berpotensi jadi glorifikasi perkawinan anak.

"Kriss Hatta yang mengaku secara terbuka sedang berpacaran dengan anak di bawah umur (14 tahun), bahkan mendapatkan restu dari ibunda sang pacar, dan diperkenankan menikah setelah anaknya lulus SMA," kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/9/2022).

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia."  "Hal itu juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat berjuang menurunkan angka perkawinan anak."

Ia menegaskan Kriss Hatta selaku figur publik seharusnya mendukung program pemerintah untuk menekan angka pernikahan anak yang membuat anak berpotensi kehilangan hak-haknya untuk bisa tumbuh kembang secara optimal.

Retno juga mengkritik pernyataan sang aktor yang menyatakan telah mendapatkan restu orang tua dari anak perempuan itu untuk menjalin hubungan dan segera menikah.

"Hal itu berpotensi kuat terjadi glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur. Jangan sampai hal ini dianggap wajar oleh publik," kritik Retno.

Kecaman ini muncul setelah Kriss Hatta mengaku sedang menjalin hubungan dengan artis pendatang baru yang berusia 20 tahun lebih muda darinya. Aktor berusia 34 tahun ini mengatakan sosok kekasih itu bisa menghadapi dirinya.

"Nyaman kok sama anak beda usia 20 tahun. Orangnya baik, lebih sabar menghadapi aku yang dominan," kata Kriss Hatta seperti diberitakan sebelumnya.

"Walaupun usia masih kecil, bisa pacaran sama yang dewasa. Aku nggak menyangka anak umur segini kok mau sama aku," pungkasnya.

#Kriss Hatta #KPAI #anak dibawah umur #Viral