Wiwi
Wiwi

Senin, 18 Juli 2022 06:46

Mengenal Penyakit 'Doomscrolling' dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyakit 'Doomscrolling' dan Cara Mengatasinya

Jangan dianggap enteng, penting bagimu untuk menyadari lingkunganmu, bersama dengan semua kegiatan real life yang memengaruhi hidupmu dan kehidupan orang lain yang kamu sayangi.

BUKAMATA – Jika kamu menemukan dirimu tanpa henti mencari berita negatif secara online, kamu mungkin mengalami gejala kondisi kesehatan mental yang dikenal sebagai doomscrolling.

Jangan dianggap enteng, penting bagimu untuk menyadari lingkunganmu, bersama dengan semua kegiatan real life yang memengaruhi hidupmu dan kehidupan orang lain yang kamu sayangi.

Mirip dengan gangguan perilaku kompulsif lainnya, semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk mencari berita negatif, semakin besar obsesi kamu untuk menemukan konten yang lebih tidak menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu mulai gunakan untuk menghentikan doomscrolling demi meningkatkan kesehatan mentalmu.

1. Batasi waktu online

Tempatkan dirimu untuk bertanggung jawab atas waktu online kamu. Meskipun sebagian besar dari kita menggunakan internet dan aplikasinya berkali-kali selama hari tertentu, cobalah menetapkan batas realistis pada jumlah waktu yang kamu habiskan untuk online, terutama ketika kamu tidak perlu menggunakannya.

Berselancar di internet bisa menjadi pengalaman yang memperkaya, menghibur, dan mencerahkan, belum lagi bagian tak terhindarkan dari kehidupan di dunia teknologi modern. Namun demikian, banyak dari kita menemukan diri kita mencampuradukkan pekerjaan dan waktu online pribadi.

Mulailah dengan membagi waktumu dan mengalokasikannya dengan bijak. Fokus pada mengurus tugas online-mu yang paling penting terlebih dahulu, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kemudian, dengan waktu yang memungkinkan, cobalah mengunjungi konten yang lebih positif dan produktif ketika kamu memiliki keinginan untuk berselancar online.

Mirip dengan seseorang yang berjuang melawan gangguan perilaku kompulsif lainnya, kamu mungkin tidak dapat berhenti melakukan doomscrolling dengan cepat. Namun, kemungkinan besar, kamu harus dapat secara signifikan mengurangi keinginan untuk melakukannya dari waktu ke waktu.

2. Blokir situs yang berbau negatif

Memang tidak ada cara untuk menghindari konten online yang negatif sama sekali. Setiap kita berselancar di internet, ada saja konten negatif yang akan muncul dan menarik kita untuk membuka situsnya.

Salah satu cara kamu agar dapat mengontrol situs yang kamu kunjungi adalah dengan menempatkan batasanmu sendiri pada konten yang diizinkan untuk kamu terima.

Selain itu, kamu mungkin hanya perlu mendapatkan rasa kontrol diri yang lebih besar  untuk membantu mencegah kamu dalam meng-click konten negatif itu.

3. Temukan hobi baru yang lebih sehat di dunia nyata

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan buruk adalah memulai kebiasaan yang sehat untuk menggantikannya.

Selain menetapkan batas waktu online atau memutuskan sambungan dari internet sama sekali, mungkin salah satu cara terbaik untuk menghentikan doomscrolling adalah dengan aktif terlibat dalam aktivitas offline yang lebih menyenangkan.

Dengan kata lain, meskipun kamu mungkin orang yang gabutan, kamu tidak harus terlibat dalam perilaku online yang tidak sehat, seperti doomscrolling.

 

#kesehatan mental #Tips #Info Kesehatan