Redaksi
Redaksi

Minggu, 01 Mei 2022 21:46

 Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas

Pemerintah Tetapkan Idulfitri Jatuh pada 2 Mei 2022, Salat Id di Lutra Dipusatkan di Lapangan Tamsis Masamba

Dengan adanya penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah dari pemerintah, maka umat muslim di seluruh Indonesia akan melaksanakan salat idulfitri secara bersamaan. Tentu kabar ini menjadi kabar gembira, sekaligus angin segar bagi umat muslim untuk memperkokoh silaturahmi.

LUWU UTARA, BUKAMATA - Teka teki kapan idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah akhirnya terjawab. Melalui Sidang Itsbat yang dipimpin Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Ahad (1/5/2022), di Kantor Kemenag Jakarta, Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Dengan adanya penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah dari pemerintah, maka umat muslim di seluruh Indonesia akan melaksanakan salat idulfitri secara bersamaan. Tentu kabar ini menjadi kabar gembira, sekaligus angin segar bagi umat muslim untuk memperkokoh silaturahmi.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan sidang itsbat, Kemenag selalu menggunakan dua metode yang selama ini menjadi bagian yang tak terpisahkan, yaitu metode hisab (perhitungan) dan metode rukyat (melihat langsung keberadaan hilal).

“Untuk kita pahami bersama bahwa dua metode ini bukanlajh dua metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan, keduanya adalah metode yang saling melengkapi satu sama lain karena keduanya adalah sangat penting,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Seorang perukyat harus menguasasi hisab karena tanpa hisab dia tidak bisa merukyat dengan baik. Begitu juga hisab sebagai sebuah hal yang sifatnya informatif tentang posisi ketinggian hilal lalu dirukyat,” ucap Menag yang akrab disapa Gus Yaqut ini menambahkan.

Dikatakan Menag Yaqut Cholil Qoumas, pemerintah Indonesia sejak dahulu selalu menggunakan dua metode, hisab dan rukyat. Mengingat kedua metode tersebut begitu sama pentingnya untuk saling melengkapi satu sama lainnya.

“Informasi perhitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kemenag di sejumlah daerah yang kita tempatkan di 99 titik rukyat di 34 provinsi di seluruh tanah air Indonesia,” ungkap Gus Yaqut.

Dari 99 titik, dilaporkan telah melihat hilal. Olehnya itu, kata dia, berdasarkan hisab, posisi hilal di Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal yang sudah terlihat. “Secara mufakat, sidang itsbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022,” jelasnya.

Nah, dengan adanya penetapan idulfitri, maka umat muslim Indonesia akan melaksanakan salat ied serentak, pada 2 Mei 2022 besok. Khusus di Kabupaten Luwu Utara, pemda menetapkan pelaksanaan salat ied tingkat kabupaten dilaksanakan di Lapangan Tamsis, Masamba.


Sebelumnya, pemerintah menetapkan pelaksanaan salat ied di Luwu Utara dipusatkan di Masjid Agung Syuhada Masamba. Namun, dengan berbagaipertimbangan, salah satunya adanya pembenahan material jalan di seputar masjid Agung Syuhada, maka pelaksanaan salat id ditetapkan di Lapangan Tamsis, Masamba

#Hari Raya Idulfitri #Kemenag #Pemda Luwu Utara