Muh. Taufik
Muh. Taufik

Sabtu, 15 Januari 2022 14:57

INT
INT

Tips Liburan Hemat ke Thailand Ala Backpacker

Thailand merupakan salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh para backpacker. Dengan terbang menggunakan Bangkok Airways, Anda bisa mengeksplor Thailand dengan lebih leluasa.

BUKAMATA - Backpacker merupakan salah satu cara liburan yang diminati oleh banyak kalangan. Dengan menjadi seorang backpacker, maka berlibur bisa lebih hemat dan tentunya menjadi lebih menyenangkan.

Thailand merupakan salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh para backpacker. Dengan terbang menggunakan Bangkok Airways, Anda bisa mengeksplor Thailand dengan lebih leluasa.

Bagi Anda para pemula yang ingin berlibur ala backpacker di Thailand, berikut ini ialah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Buat Anggaran Pengeluaran

Hal yang penting bagi Anda untuk menciptakan liburan yang murah ialah dengan menyusun anggaran dengan tepat. Pastikan Anda sudah tahu hal apa yang harus Anda keluarkan ketika liburan dan usahakan jangan melewati anggaran tersebut.

Buatlah anggaran yang detail mulai dari biaya tiket, penginapan, transportasi selama berada di Thailand, biaya makan, hingga biaya oleh-oleh.

Perkirakan berapa dana yang perlu Anda habiskan dan usahakan jangan membuat anggaran yang tidak rasional. Anda bisa terlebih dahulu mencari informasi mengenai berbagai harga makanan dan transportasi di Thailand agar anggaran menjadi lebih akurat.

 

  1. Berlibur Saat Low Season

Tentu saja, pemilihan waktu liburan sangat berpengaruh terhadap berapa biaya yang perlu Anda keluarkan.

Jika berlibur saat musim liburan, maka biaya penginapan, tiket pesawat dan biaya lainnya bisa menjadi lebih mahal.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih waktu berlibur saat low season yang memiliki banyak keuntungan.

Selain memang biaya liburan menjadi lebih murah, Anda juga bisa berlibur dengan lebih tenang karena berbagai tempat wisata tidak terlalu ramai.

 

  1. Bawa Barang Seperlunya

Salah satu ciri khas dari seorang backpacker ketika berlibur ialah tidak membawa terlalu banyak barang. Oleh karena itu, Anda juga bisa untuk membawa barang-barang seperlunya saja.

Hal ini memudahkan para backpacker untuk berpindah tempat dan tidak perlu bingung membawa berbagai barang mereka.

 

  1. Manfaatkan Tempat Wisata Murah dan Gratis

Ternyata di Thailand terdapat berbagai tempat wisata murah atau bahkan gratis. Tentu saja, meskipun murah berbagai tempat wisata ini tetap menawarkan suasana liburan yang menyenangkan.

Pada umumnya, tempat wisata Thailand yang memiliki harga tiket murah bahkan gratis ialah museum atau taman.

Anda bisa mempelajari budaya Thailand dan juga mendapatkan berbagai foto bagus saat mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.

Tentunya, biaya perjalanan Anda juga bisa lebih hemat.

 

  1. Menginap di Guest House

Saat berlibur ke Thailand ala backpacker, maka Anda bisa memilih untuk menginap di Hostel maupun Guest House.

Alasannya tentu karena biaya penginapan akan lebih murah daripada Anda menginap di hotel.

Beberapa penginapan bahkan memiliki tarif Rp 60.000 per malam, sangat murah bukan?

Namun, dalam memilih penginapan Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan yang tersedia. Pastikan Anda memilih penginapan yang murah namun tidak murahan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih penginapan yang dekat dengan berbagai lokasi wisata sehingga bisa dengan mudah mengeksplorasi Thailand.

Salah satu rekomendasi kawasan yang menyediakan penginapan murah dan nyaman ialah Khaosan Road atau Sukhumvit.

 

  1. Menggunakan Transportasi Umum

Biaya yang perlu Anda tekan ketika memutuskan untuk berlibur ala backpacker ialah biaya transportasi. Jika Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan taksi, tentu saja akan mahal.

Jika memang Anda bisa menjangkau suatu tempat dengan berjalan kaki, maka hal ini akan sangat menguntungkan.

Namun, apabila tidak maka Anda bisa memanfaatkan beragam transportasi umum yang ada di Thailand.

Anda bisa menggunakan MRT yang memiliki tarif cukup terjangkau yakni Rp 7.000 - Rp 25.000 saja jika dirupiahkan. Sementara untuk tarif bus juga tidak kalah terjangkau yakni Rp 3.500 - Rp 8.000.

 

  1. Memilih Makanan Street Food

Tentu saja Anda harus mencicipi makanan khas Thailand ketika sedang berlibur. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk makanan, Thailand terkenal dengan beragam street food yang lezat dan memiliki harga terjangkau.

Beberapa kawasan bahkan memiliki beragam pilihan street food yang bisa membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan, berkesan dan tentunya lebih hemat.

Harga makanan street food di Thailand berkisar dari Rp 8.000 - Rp 30.000 sesuai dengan makanan apa yang Anda pesan.

Bagi wisatawan muslim, Anda perlu menanyakan kepada penjual apakah makanan mereka halal atau tidak. Karena memang di Thailand banyak makanan non halal dan menggunakan daging babi.

 

  1. Membeli Tiket Pesawat Murah

Hal yang bisa menekan biaya liburan Anda ialah dengan menemukan tiket pesawat murah untuk menuju Thailand.

Anda harus bisa menemukan harga tiket pesawat yang murah untuk menekan biaya liburan. Sering-seringlah untuk mencari promo di berbagai platform yang menyediakan tiket pesawat.

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau, Anda bisa membelinya di Traveloka.

Di Traveloka, Anda bisa menemukan harga tiket pesawat ke Thailand dengan harga yang terjangkau. Selain itu, terdapat berbagai potongan harga dan promo menarik yang membuat harga tiket menjadi lebih murah.

Tentu saja, proses pemesanan tiket di Traveloka mudah, cepat dan pastinya aman.

 

Apakah Anda sudah siap untuk berlibur ke Thailand dengan murah ala backpacker? Jangan lupa untuk mengikuti berbagai tips di atas demi liburan yang lebih nyaman.

#Thailand #liburan akhir tahun

Berita Populer