Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 15 Januari 2022 09:38

Dinas Pariwisata bersama BPPD Sulsel dan sejumlah pihak terkait melakukan pertemuan untuk persiapan travel pattern menyambut MotoGP Mandalika, di Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, kemarin.
Dinas Pariwisata bersama BPPD Sulsel dan sejumlah pihak terkait melakukan pertemuan untuk persiapan travel pattern menyambut MotoGP Mandalika, di Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, kemarin.

Sulsel Siapkan Paket Wisata untuk Penonton MotoGP Mandalika

Dinas Pariwisata Sulsel telah membentuk tim kerja. Seperti pembuatan paket-paket wisata yang akan dipromosikan, termasuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, serta tim untuk promosi.

MAKASSAR, BUKAMATA - Pemerintah Provinsi Sulsel menargetkan bisa menarik minimal lima ribu penonton event MotoGP Mandalika di Lombok, untuk datang ke Sulsel. Berbagai fasilitas pun mulai dibenahi, termasuk menyiapkan direct flight Makassar - Lombok hingga sejumlah paket wisata, selama event tersebut berlangsung.

Dinas Pariwisata bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan sejumlah pihak terkait melakukan pertemuan untuk persiapan travel pattern menyambut MotoGP Mandalika, yang berlangsung di Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, kemarin. Travel pattern disusun untuk melakukan langkah-langkah lebih lanjut mengenai promosi wisata Sulsel di Mandalika.

"Kami juga telah membentuk tim kerja atau Task Force yang diberi nama Gaspoll Mandalika, yang akan bekerja. Diantaranya, untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan terkait Airlines untuk mengcover penumpang atau pengunjung MotoGP nanti di Mandalika," ujar Ketua BPPD Sulsel, Andry Arief Bulu.

Melalui MoU BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Andry berharap dapat memperkenalkan potensi destinasi wisata di Sulsel pada acara MotoGP di Mandalika. Selain itu, bisa menggairahkan industri pariwisata yang ada di Sulsel.

"Kerjasama ini juga akan memberikan dampak positif terhadap industri perhotelan, yang selama ini ikut terdampak pandemi," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Muhammad Jufri, mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim kerja. Seperti pembuatan paket-paket wisata yang akan dipromosikan, termasuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, serta tim untuk promosi.

"Para pelaku industri pariwisata sangat mendukung langkah ini, karena melihat langsung respon yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang terbukti dengan kehadiran langsung Bapak Plt Gubernur," kata Jufri.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyambut baik pelaksanaan MotoGP Mandalika sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional. Sulsel sebagai pintu gerbang Indonesia timur harus ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event ini, karena dapat menjadi salah satu pemikat bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara.

"Kami Sulsel harus meminta arahan nasional termasuk kepada Kementerian Pariwisata, tentu kepada ITDC tentang apa kontribusi yang dapat kami lakukan untuk ambil bagian dalam peningkatan dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Dari MoU ini, kemudian dipersiapkan segala bentuk kerjasama. Baik itu terbukanya direct flight Lombok - Makassar, promosi, maupun keterlibatan Sulsel dalam penyelenggaraan event MotoGP Mandalika di Bulan Maret 2022 mendatang. Terbukanya rute penerbangan tersebut, maka dapat tercipta Segitiga Emas Pariwisata yakni Bali-Toraja-Lombok.

"Dengan adanya segi tiga emas ini, termasuk mensupport event MotoGP nantinya," kata Andi Sudirman. (*)

 

#MotoGP Mandalika #Presiden Jokowi #Andi Sudirman Sulaiman #Sandiaga Uno

Berita Populer