Samsul Bahri
Samsul Bahri

Senin, 06 Desember 2021 00:25

IST
IST

Kenali Tanda-tanda Pada Bayi Terserang Covid-19

Bayi yang mengalami gejala lebih serius biasanya terjadi dalam waktu seminggu setelah muncul gejala ringan.

BUKAMATA - Gejala COVID-19 pada bayi bisa mirip dengan pilek atau flu biasa. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengenali ciri-ciri COVID-19 pada bayi.

Hal ini untuk memudahkan pencegahan dan pengobatan gejala COVID-19 pada si Kecil. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Anak-anak dari segala usia dapat terkena coronavirus disease 2019 (COVID-19). Namun, gejala pada bayi cenderung lebih ringan daripada orang dewasa, dan beberapa bayi yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda sakit sama sekali.

Ciri-ciri gejala COVID-19 pada bayi seperti dilansir dokter sehat.com meliputi:

Demam, Pilek, Batuk, Nyeri otot atau tubuh Sakit tenggorokan, Sakit kepala, Sulit bernapas, Diare, Kelelahan yang luar biasa, Muntah dan diare (cenderung jarang), Tidak ada gejala sama sekali (asimtomatik)

Banyak gejala awal COVID-19 pada bayi yang mirip dengan penyakit pernapasan lainnya, seperti flu, sehingga sulit untuk mendeteksi apakah bayi atau anak mengalami gejala COVID atau yang lainnya.
Namun, wabah ini lebih mungkin terjadi jika anak mengalami kondisi berikut: Kehilangan indera pengecap atau penciuman. Memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Bayi yang mengalami gejala lebih serius biasanya terjadi dalam waktu seminggu setelah muncul gejala ringan.

Gejala yang parah dari COVID-19 pada bayi, mungkin termasuk, Sesak napas yang intens dapat menyebabkan bayi terengah-engah (napas cepat).

Tanda-tanda oksigen rendah dalam tubuh, seperti bibir atau lidah biru, kuku kebiruan atau tampak pucat, atau detak jantung yang cepat.

Saturasi oksigen rendah 92% atau kurang. Kegagalan organ yang berat. Tingkat keparahan gejalanya dapat berkembang begitu cepat, sehingga sangat dibutuhkan pemantauan yang ketat.

 

#Kesehatan anak #Kesehatan Gigi

Berita Populer